Sukses

Purging

13 Jul 2017, 10:36 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya sedang menggunakan perawatan dokter di wajah saya dikarenakan dlu jerawatan tp tdk parah. Sudah setahun, berkurang tp tidak benar2 hilang semua. saya ingin mengkonsumsi roaccutane 10mg. Apa akan terjadi purging di wajah saya? Terima kasih dok.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terimakasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Bisa saja Anda mengalami acne purging jika sedang menggunakan obat-obatan yang bersifat mengelupas kulit, mempercepat regenerasi kulit, dan membuka pori. Biasanya obat-obatan yang menyebabkan hal ini antara lain adalah pengelupasan kimiawi, retinoid, AHA (alpha hydroxy acid), asam salisilat, asam glikolat, benzoil peroksida, dan sulfur.

Komedo yang masih berada di bawah permukaan kulit dan tidak terlihat menjadi seperti "muncul semua" karena proses pengelupasan ini. Namun hal ini memang terkadang tidak dapat dihindarkan ketika Anda melakukan perawatan dengan bahan-bahan tersebut di atas. Umumnya dokter akan memberikan obat untuk meredakan proses tersebut. Purging umumnya hanya akan terjadi selama beberapa minggu (umumnya 4 minggu).

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi terlebih dahulu tentang manfaat dan efek samping pengobatan tersebut dan agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung dan diketahui dengan pasti masalah yang sebenarnya Anda alami.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar