Sukses

Keluhan BAB Pasca Operasi Wasir

13 Jul 2017, 14:45 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat pagi dok. saya mau bertanya. sudah hampir 1 minggu saya mempunyai masalah dalam BAB setelah abis operasi wasir. awalnya pertama kali pup lancar setelah beberapa harinya perut terasa mules dan kalau di pup'in keluar sedikit dan kadang tidak keluar. semakin lama jika setelah puph terus menerus mules. dan terasa dehidrasi harus bolak bali kamar mandi. apakah itu gejala diare atau gejala lainya. ? mohon di jawab dok. terimakasih .

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih atas pertanyaan Anda seputar keluhan BAB pasca operasi wasir melalui fitur Tanya dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pasca Operasi Anda perlu melakukan pemeriksaan kontrol kepada dokter bedah anda agar dapat dilakukan evaluasi luka operasi. Penyembuhan jaringan akan berlangsung antara 4-6 minggu. Namun tentunya hal ini sebaiknya dinilai oleh dokter bedah yang mengoperasi Anda.

Yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah perubahan gaya hidup. Wasir dapat terjadi berulang jika gaya hidup Anda tidak diperbaiki. Yang dimaksud disini dengan perubahan gaya hidup diantaranya adalah minum banyak air (8 gelas/hari), makan makanan yang mengandung banyak serat, hindari konsumsi gula yang terlalu banyak, apabila ingin konsumsi daging hewan , konsumsilah ikan, hindari konsumsi alkohol, lakukan olahraga, mengurangi mengedan dan jangan menunda BAB. Pisang dapat anda konsumsi pasca operasi.

Penyembuhan sempurna dari wasir adalah dengan melakukan terapi operatif dan perubahan gaya hidup. Tindakan operasi saja tanpa disertai perubahan gaya hidup tidak akan bermakna. Wasir dapat kembali kambuh apabila pola hidup Anda tidak diubah menjadi lebih sehat.

Mengenai gejala diare yang Anda alami, sebaiknya mencoba untuk memodifikasi gaya hidup Anda terlebih dulu untuk mengetahui apakah ada hubungan dengan pasca operasi atau tidak. Jika keluhan berlanjut maka sebaiknya Anda kembali mengunjungi dokter Anda.

Demikian ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar