Sukses

Bisul Di Leher Belakang

13 Jul 2017, 10:36 WIB
Pria, 34 tahun.

Hai doktor. leher sy seringkali naik benjolan di bahagiab blkg leher. kata doktor disini ia bisul. sy pernh kena bisul ini di punggung sy. dan selama tiga tahun bisul itu hilang dan kembali. akhirnya sy operate di hospital. sama dengan bisul di leher ini bisul sy hilang dan muncul. bisul ini tiada mata jd xboleh picit seperti di punggung sy. ada cara lain selain operatian?

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekawatiran Anda.

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Pada umumnya bisul dimulai sebagai memerah, daerah tender. Seiring waktu, daerah itu menjadi tegas, keras, dan lembut. Akhirnya, pusat mendidih lembut dan menjadi penuh dengan melawan infeksi sel darah putih dari aliran darah untuk membasmi infeksi. Ini kumpulan sel darah putih, bakteri, dan protein dikenal sebagai nanah. Akhirnya, nanah dapat operasi dibuka atau secara spontan mengalir keluar melalui permukaan kulit.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik yang diberikan atas pengawasan dokter, antibiotik tersebut bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut.

 

Bisul tersebut tentunya perlu ditelusuri lebih lanjut apakah benar bisul atau penyebab yang lain. Apakah benjolan seperti berisi cairan, padat atau lembek pada perabaan,apakah terasa gatal,nyeri, apakah benjolan dapat digerakkan, apakah benjolan tersebut berwarna/terdapat kemerahan? Penonjolan di atas kulit di sebut sebagai tumor. Benjolan di kulit dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi bakteri, pembesaran kelenjar getah bening, lipoma (tumor jinak kulit) neurofibroma, ganglion, dan lainnya.

 

Mengingat pentingnya wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan diagnosis, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter secara langsung guna menentukan penyebab dan penanganan yang sesuai bagi  Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai bisulpada tubuh, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar