Sukses

Tanda Tanda Kehamilan

13 Jul 2017, 09:21 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat pagi Dok, Saya mau bertanya, saya pernh mendengar suatu pngalaman. Ada seorang prempuan dy tdk tau bahwa dirinya hamil, kemudian dy mengelurkan darah seperti haid dan dy menyangka dia haid, dn itupun berlangsung bberapa hari, tp kmudian stelah dy periksa trnyata diasedang hmil 3bln. Kenap bisa seperti itu ya ?

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda mengenai Tanda-Tanda Hamil melalui fitur Tanya dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Tanda-tanda kehamilan dirasakan berbeda pada masing-masing orang. Namun tanda pasti kehamilan ditunjang dengan pemeriksaan laboratorium untuk melihat peningkatan hormon hCG (atau test pack) dan melalui USG untuk melihat jabang bayi. Jadi apabila belum melalui pemeriksaan laboratorium atau USG, maka Anda belum tentu hamil meskipun semua tanda-tanda hamil Anda alami.

Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

-sering berkemih

-pembesaran dan nyeri payudara

-mual

-perasaan lelah

-daerah sekitar puting susu menghitam
peningkatan suhu tubuh
flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

-dsb

Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja. Dan bukan dalam bentuk perdarahan yang banyak.

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

-terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
-terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
-terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Memang pemeriksaan test pack perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan USG. Hasil positif test pack memang sudah bisa didapatkan 8 hari setelah terjadinya pembuahan dan kadar hormon akan terus meningkat. Sedangkan kantung kehamilan (gestational sac) biasanya baru dapat terdeteksi oleh alat sekitar usia 4-5 minggu.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar