Sukses

Berhubungan Saat Haid, Mungkinkah Hamil?

13 Jul 2017, 10:55 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok saya berhubungan dengan suami tggal 7 blan juni saat itu saya haid hari pertama lalu saya brhungan lg pada tggal 3 juli hingga hari ini saya belum kembali haid saya sudah cek dengan test pack dan hasilnya negatif. Kami memutuskan untuk menunda kehadiran buah hati karena saya masih kuliah. Pertanyaan saya apakah bahaya berhubungan saat haid? Lalu apakah saya hamil namun tak terdeteksi oleh test pack. Atau krn saya kelelehan karena akhir2 ini saya sibuk mengurus kuliah saya

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih atas pertanyaan Anda mengenai berhubungan setelah haid,

Kemungkinan terjadinya pembuahan sangat tinggi jika dilakukan pada masa subur (saat terjadi ovulasi), dimana sel telur keluar dari ovarium dan siap untuk dibuahi sperma. Pada wanita dengan siklus menstruasi yang teratur (28 hari), waktu terjadinya ovulasi dapat diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya. Setelah dikeluarkan, sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang telah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48-72 jam, karena itu dianjurkan anda melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, Anda berhubungan bukan pada saat masa subur, maka kemungkinan hamil kecil, namun tetap saja ada kemungkinan terjadi kehamilan.

Demikian informasi kami sampaikan mengenai berhubungan setelah haid. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar