Sukses

Ingin Hamil, Namun Haid tidak Teratur

13 Jul 2017, 10:55 WIB
Wanita, 28 tahun.

Asalamuallaikum dok. Saya mau tanya dok, saya sudah menikah sekitar 1,7 th. Sampai saat ini saya belum hamil jg dok. Saya ingin sekali hamil. Keluhan saya adalah haid tidak teratur kadang 2 minggu sekalu kadang sebulan sekali. Kemarin pas haid 18 juni 2017 dan sekarang 13 juli 2017 saya sudah haid lg dok. Apaalkah itu berpengaruh terhadap masa kesuburan saya? Bagaimana cara mengatasi nya dok? Terimasakasih dok wasalamuallaikum.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya tentang ingin hamil namun haid tidak teratur melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelum menjelaskan lebih jauh mengenai haid yang tidak lancar, perlu diketahui mengenai siklus menstruasi yang normal. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid berikutnya. Menstruasi akan berlangsung dengan siklus 21-35 hari selama 2-7 hari dengan volume 20-60 mL/hari. Oleh karena siklus menstruasi berbeda tiap orang maka definisi menstruasi "normal" pun bervariasi setiap individu. Beberapa hal yang penting dicatat mengenai menstruasi Anda adalah tanggal mulai dan berhentinya, banyaknya pembalut yang digunakan dalam satu hari, adakah perdarahan abnormal di antara dua siklus menstruasi, dan nyeri menstruasi yang berlebihan.

Perlu juga diketahui bahwa siklus menstruasi erat kaitannya dengan pola makan, aktivitas sehari-hari, dan stress psikologis. Bagaimana dengan Anda, bagaimana dengan pola makan Anda beberapa hari belakangan? Bagaimana aktivitas Anda sehari-hari, adakah aktivitas yang terlalu berat yang Anda lakukan? Adakah stress psikologis yang sedang Anda alami saat ini?

Jika siklus haid terjadi diluar batas-batas normal yang telah disebutkan di atas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan perlu dievaluasi lebih lanjut. Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi terlambat, antara lain:

-Kehamilan
-Stress dan depresi
-Nutrisi yang kurang
-Penurunan berat badan berlebihan
-Olahraga berlebihan
-Obesitas
-Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh
-Gangguan indung telur
-Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi hormonal, dll
-Penyakit kronik dan Sindrom Asherman

Periksakan diri Anda ke dokter bila:

-Menstruasi Anda berhenti lebih dari 3 bulan dan Anda sedang tidak hamil
-Menstruasi Anda berlangsung lebih dari 7 hari
-Menstruasi Anda lebih banyak dari biasanya, hingga Anda harus mengganti pembalut setiap 1-2 jam
-Siklus menstruasi Anda berlangsung kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari
-Anda mengalami flek-flek kecoklatan diantara siklus menstruasi
-Anda mengalami nyeri yang hebat sewaktu menstruasi hingga mengganggu aktivitas sehari-hari

Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan, sampaikan kekuatiran Anda, dan apakah masih ada kemungkinan untuk hamil. Jika memang kondisi Anda dan suami masih memungkinkan untuk memiliki secara keturunan secara alami maka Anda dan suami belum memerlukan bantuan teknologi. Namun, jika tidak memungkinkan maka, dokter dapat menyarankan beberapa teknologi berbantu (misal: inseminasi buatan, bayi tabung).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ingin hamil namun haid tidak teratur. Semoga bermanfaat. Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar