Sukses

Flu Tanpa Batuk, Allergi?

13 Jul 2017, 10:55 WIB
Pria, 19 tahun.

dok saya mau tanya,saya telah mengalami flu tanpa disertai batuk selama sebulan yang tak kunjung sembuh,apakah itu hanya alergi atau ada tanda* lain yang tak diinginkan?dan bagaimana cara mengobatinya? terima kasih

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menanyakan tentang flu menggunakan fitur Tanya Dokter.

Influenza atau flu adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Influenza merupakan penyakit serius yang menyerang hidung, tenggorokan dan paru-paru serta dapat mengakibatkan pneumonia. Gejala yang serius dan berat yang ditimbulkan oleh influenza ini biasanya terjadi pada pasien yang sudah dalam kondisi lemah, usia lanjut, atau mengidap penyakit kronik.

Orang awam sering keliru menganggap penyakit salesma (batuk pilek) biasa sebagai flu, padahal sesungguhnya gejala dari kedua penyakit ini cukup berbeda.

Gejala yang biasanya dijumpai pada influenza adalah;
1. Pasien mengalami demam (>38celcius)
2. Dengan gejala batuk
3. Dapat disertai nyeri otot atau sendi, serta nyeri tenggorokkan

Flu yang timbul seperti yang Anda sampaikanbisa dipertimbangkan sebagai flu yang dipicu oleh alergi, sering terutama bila terkena debu atau bersin-bersin sehabis bangun tidur, kemungkinan berupa rhinitis alergi. Hal ini merupakan reaksi alergi yang timbul karena faktor pencetus. Umumnya faktor pencetus adalah berupa suhu yang dingin di malam atau dini hari atau debu di sekitar tempat tidur. Selain flu yang disebabkan oleh alergi, dapat pula disebabkan oleh serangan infeksi virus yang sering dikenal dengan common cold.

Pencegahan flu dapat dilakukan dengan beristirahat cukup (tidur 7-8 jam sehari), banyak minum, makan makanan dengan nutrisi cukup dan minum vitamin seperti vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng. peningkatan vitalitas tubuh juga dapat dilakukan untuk pencegahan sakit karena virus mudah menyerang apabila kondisi tubuh sedang turun.

Demikian informasi mengenai flu, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar