Sukses

Hamil Kembali Pasca Kuret

13 Jul 2017, 10:35 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok.. HPHT tgl 13 mei 2107.. tgl 1 juli saya dan keluarga perjalanan lumayan jauh dr kudus-magelang sktr 4 jam. 2 juli paginya keluar darah tp dikit bngt.. krna hamil pertama, saya dan suami panik, langsung periksa ke Bidan, katanya gpp.. krn pas di periksa darahnya udh gk keluar lagi dok.. trs di kasih obat penguat kandungan.. Tp siangnya, darah keluar lagi, beserta segumpal entah itu darah atau apa.. besarnya sktr ibu jari.. lngsung periksa lg ke Bidan katanya itu jaringan sdh keluar.. mlm nya keluar lg warnanya rada putih kayae dok.. Keesokan paginya, saya ke Dokter, USG.. di kasih obat, katanya tunggu seminggu, kalo darahnya blm berhenti jg, terpaksa hrs kuret.. Alhamdulillah 5 hari sdh berhenti.. Dokter nyuruh kontrol bsk tgl 17 dok.. Yg saya pengen tanyakan, bolehkah saya (maaf) HB dg suami pasca keguguran dok?? Saya pengen banget hamil lagi dok..

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. Kuret bertujuan untuk mengambil dan membersihkan sisa perdarahan atau jaringan yang masih ada dan menempel. Jika lewat pemeriksaan sudah tidak ada sisa jaringan atau perdarahan di dalam rahim maka tidak diperlukan kuret.

Umumnya dalam seminggu setelah keguguran, kesuburan akan kembali normal (bila tidak ada komplikasi). Jika sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah boleh hamil lagi. Jadi sebenarnya bila sudah mendapat haid setelah keguguran, sudah bisa berhubungan lagi. Namun, dianjurkan agar ibu menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi ibu kembali ke bentuk semula dan ibu telah siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi.

Saran kami, sebelum Anda dan suami merencanakan untuk punya anak, konsultasikan hal tersebut terlebih dahulu kepada dokter spesialis kandungan yang menangani Anda. Anda dapat berkonsultasi saat kontrol nanti.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar