Sukses

Gigi Ngilu Dan Gusi Berdarah

13 Jul 2017, 00:55 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok kenapa ya gigi saya masih saja terasa ngilu ketika minum air dingin padahal minum / makanan dingin dan panas sudah jarang sekali di konsumsi,, dan kalau sikat gigi gusi suka berdarah, itu kenapa ya dok...?

Terima kasih telah bertanya mengenai gigi ngilu dan gusi berdarah melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin menjelaskan bahwa gigi ngilu akibat terkena makan panas dan minum dingin adalah salah satu gejala anda memiliki gigi sensitif. Gejala lainnya :

1. Gigi ngilu saat mengonsumsi makanan panas atau dingin.

2. Gigi ngilu ketika makan makanan manis seperti dodol, coklat, kurma, kismis, dan sejenisnya.

3. Gigi ngilu akibat terpapar udara ketika bernafas.

Jika anda tidak mengalami gejala seperti diatas artinya gigi anda tidak sensitif.

Sedangkan mengenai gigi dan gusi berdarah saat menyikat gigi adalah tanda adanya peradangan pada gusi yang disebut Gingivitis. Penyebabnya karena Penumpukan plak dan karang gigi di permukaan gigi terutama di sekitar leher gigi.

Perubahan hormonal juga dapat menyebabkan gusi mudah berdarah, namun utamanya terjadi pada wanita, misalnya saat sedang hamil. Selain itu Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan peradangan gusi, seperti obat anti konvulsan (epilepsi), pain killers, atau perawatan seperti kemo atau radioterapi, Trauma atau cedera, misalnya penggunaan tusuk gigi yang berlebihan atau menyikat gigi terlalu keras, Defisiensi/kekurangan zat gizi tertentu seperti vitamin K dan C, Penyakit sistemik, seperti penyakit liver, ginjal, atau diabetes dapat bermanifestasi dalam rongga mulut dalam bentuk gusi berdarah.

Jika terdapat gusi berdarah tentunya dapat menyebabkan aroma mulut jadi tidak sedap. Untuk menanganinya anda dapat melakukan pembersihan karang gigi di dokter gigi. Kami sarankan untuk segera periksakan keadaan rongga mulut anda ke dokter gigi agar gusi berdarah dapat segera ditangani.

Bila keadaan ini dibiarkan tanpa perawatan maka peradangan dapat berlanjut ke jaringan penyangga gigi yang disebut Periodontitis. Periodontitis yang tidak dirawat akan mengakibatkan kerusakan tulang rahang dan menyebabkan gigi goyang.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi ngilu dan gusi berdarah, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar