Sukses

Keluar Cairan dari Telinga

13 Jul 2017, 00:00 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok, telinga sebelah kiri sy baru budek dan mengeluarkan cairan (tungki) di saat tertentu. Bbrp tahun yang lalu sy pernah periksa ke dr sp tht dan katanya gendang telinga sy sdh jebol dan tidak bs pulih kembali. Sy mw tanya apakah ada solusi lain untuk memperbaiki pendengaran saya dan menghentikan cairan agar tidak keluar lagi. Jika harus konsumsi obat. Obat apa yg aman untuk bumil.

Terima kasih telah bertanya seputar keluar cairan pada telinga menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

OMSK (Otitis Media Supuratif Kronik) adalah infeksi kronik di telinga tengah dengan perforasi membran timpani dan sekret yang keluar dari telinga tengah terus-menerus atau hilang timbul. Sekret dapat encer atau kental, bening atau berupa nanah.

Penyakit ini perlu segera ditangani dengan adekuat. Untuk pengobatannya perlu dilakukan pencucian telinga dan diberikan obat tetes telinga dan antibiotik minum. Sumber infeksi yang menyebabkan terjadinya OMSK harus terlebih dahulu ditangani dengan baik. Setelah cairan/sekret kering baru kemudian dapat dilakukan operasi miringoplasti atau timpanoplasti. Miringoplasti atau timpanoplasti merupakan tindakan operasi yang bertujuan untuk menghentikan infeksi secara permanen, memperbaiki membran timpani (gendang telinga) yang pecah, memperbaiki pendengaran dan mencegah terjadinya kerusakan pendengaran yang lebih berat. Untuk kerusakan gendang telinga yang lebih ringan biasanya dikerjakan miringoplasti yang hanya memperbaiki gendang telinga saja. Sedangkan untuk kerusakan yang lebih berat perlu dilakukan operasi timpanoplasti yang juga dilakukan pada tulang-tulang pendengaran dan tidak jarang perlu dilakukan beberapa tahap operasi.

OMSK bila terkena pada satu telinga maka kemungkinan untuk menularkan ke telinga yang lain tetap ada, karena pada penyakit ini terjadi proses infeksi. OMSK dapat disembuhkan dengan penanganan yang adekuat, selain itu dibutuhkan juga kerja sama yang baik dari pasien untuk disiplin dalam pengobatan.

Kami menyarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) untuk mengetahui kondisi telinga bagian dalam Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar