Sukses

Pengaruh Obat TB Dengan Jamur

12 Jul 2017, 23:07 WIB
Pria, 30 tahun.

Misi Dok, sbelumnya 3 bln yang lalu saya mau dilakukan op Sinus tapi sebelum operasi kan saya di suruh rongen dan hasil dari foto torax tersebut kata dokter yg nanganin ibu konsul ke spesialis paru dulu bu karena hasil foto paru ibu bermasalah. stelah saya konsul ke dok. paru ternyata paru saya ngga normal katanya trus di lakukan CT Scan dan hasil CT Scan Suspek Massa Paru dextra dan dilakukan lagi Broncoscopy ngambil sampel dan hasil dr broncoscopy hanya radang dok, trus hasil PA lab. nya negatif dok. dan dr dokter di berikan obat TB selama 3 bln sampai sekarang. pertanyaan saya apakah ada pengaruh dari mengkonsumsi obat TB Paru dengan Jamur yang ada di mulut saya dan gatal2 di kulit saya dok? Mohon jawabannya dok.

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Obat TB memang mempunyai beberapa efek samping. 

Rifampicin memiliki efek samping gangguan pencernaan, gangguan fungsi hati, kuning, gejala flu, reaksi kulit, dan gangguan pada darah.

Pyrazinamide memiliki efek samping hepatotoksisitas (gangguan pada hati), gout (asam urat), anemia skleroblastik, gangguan pencernaan, ulkus peptikum (perlukaan pada pencernaan), disuria (nyeri berkemih), demam, lemas, alergi

INH memiliki efek samping gangguan pada saraf (periferal neuropati), mual, muntah, gangguan pencernaan, gangguan hati, gangguan pada darah.

Apakah ada keluhan mual-muntah disertai mata atau tubuh menjadi berwarna kuning? Apabila memang ada, maka ada kemungkinan terjadi gangguan pada hati. Gangguan pada lambung juga dapat terjadi akibat efek samping obat ini.

Akan tetapi keluhan jamur di mulut Anda tidak termasuk dalam efek samping obat TB. Kemungkinan ini karena kondisi yang lain, biasanya disebabkan oleh daya tahan tubuh yang menurun. Sebaiknya coba periksakan kondisi ini ke dokter kulit.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar