Sukses

Penanganan Daging Yang Menutupi Gigi Bungsu Baru Tumbuh

12 Jul 2017, 22:57 WIB
Wanita, 21 tahun.

Gigi saya paling tumbuh lagi ,dan sekarang sudah muncul dipermukaan gigi tetapi masih ada daging yg menghalangi sehingga sewaktu sikat gigi masih ada sisa" yg belum tersikat ,awalnya daging itu tdak sakit tetapi sekarang bengkak dan sakit sekali ,apakah itu berbahaya dan bagaimana penanganannya?!

Terimakasih telah bertanya tentang penanganan daging yang menutupi gigi bungsu baru tumbuh melalui fitur Tanya Dokter.

Kondisi yang sedang Anda alami dalam bahasa medis disebut Operkulum, dimana terdapat gusi di sekitar mahkota gigi molar (geraham) menutupi sebagian mahkota geraham. Tindakan pengambilan gusi ini disebut Operkulektomi.
Molar tiga normalnya baru tumbuh sekitar usia 18 tahun keatas, karena gigi lain sudah tumbuh maka biasanya gigi molar tiga tidak kebagian tempat pada rahang sehingga tidak tumbuh pada posisi normal atau bahkan tidak tumbuh sama sekali.
Pada kasus Anda, gigi molar tiga tumbuh tapi baru sebagian, sedangkan masih ada permukaan mahkota gigi yang tertutup gusi. Dokter gigi anda mengambil sebagian gusi bertujuan agar mahkota gigi bungsu dapat tumbuh ke permukaan dengan lebih mudah.

Selain itu sisa makanan mudah terjebak pada daerah tersebut sehingga sulit dibersihkan, dan sela-sela antara gusi dan gigi tersebut menjadi tempat yang kondusif bagi pertumbuhan bakteri penginfeksi apalagi dengan adanya sisa makanan. Kondisi ini bisa menyebabkan gusi meradang dan terinfeksi sehingga gusi membengkak, disebut Operkulitis. Keadaan ini dapat menimbulkan bau mulut, terasa sakit saat tergigit, bahkan pada kasus berat pembengkakan ini dapat menjalar hingga ke pipi dan leher, menyebabkan pembengkakan kelenjar limfe leher, dan kesulitan membuka mulut.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai penanganan daging yang menutupi gigi bungsu baru tumbuh, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar