Sukses

Anak Berjalan Jinjit, Normalkah?

12 Jul 2017, 21:54 WIB
Wanita, 28 tahun.

Malam dok saya mau tanya. Anak saya usia 11 bulan, perempuan kalau berdiri kaki kirinya jinjit dok. Yang saya mau tanyakan 1. Penyebab jinjit itu disebabkan apa dok? Kira-kira normal tidak jinjit seperti itu? Dan solusinya apa agar tidak jinjit? 2. Bolehkah kaki yang jinjit itu di urut dok? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar berjalan jinjit pada anak menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Pada batita normal berjalan jinjit, karena berjinjit adalah fase transisi yang wajar antara anak menuju sesuatu dan benar-benar piawai berjalan Ketimbang merangkak atau merambat, berjinjit jauh lebih cepat dan efisien.

Pada pejalan berpengalaman, atau dewasa, tumit menyentuh lantai terlebih dulu, lalu telapak kaki ‘menggelinding’ hingga ujung jari. Otak akan menerjemahkan adanya penghalang, sehingga si pejalan mengubah kecepatan atau arah. Sebelum itu, batita Anda belum bisa mengendalikan kelompok otot tersebut dalam waktu bersamaan sehingga anak pun tatah-tatah (goyang dari satu sisi ke sisi lain) sementara mencoba berjalan (bergerak maju atau mundur).

Biasanya, fase berjinjit menghilang secara bertahap setelah anak mulai lancar berjalan, sekitar usia dua atau dua setengah tahun.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar