Sukses

Vagina Berkedut

12 Jul 2017, 21:23 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok kenapa ya vagina saya berkedut kedut disebelah kanan? Dan kedutannya itu gak selalu ada dan tiap menit. Tapi kedutannya itu jarang dok. Kadang terasa kadang tidak. Iitu kenapa ya tolong jwbnnya dok

Terima kasih telah bertanya seputar vagina berkedut melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah keluhan vagina berkedut yang Anda alami disertai dengan keluhan lain? Seperti buang air kecil yang anyang-anyangan? Apakah disertai dengan keputihan? Apakah terdapat nyeri yang Anda rasakan? Bagaimana dengan frekuensi buang air kecil Anda? Sejak kapan Anda mengalami keluhan ini?

Kedutan merupakan suatu refleks gerakan atau kontraksi otot. Bila kedutan pada vagina terjadi pada saat terjadi rangsangan seksual secara fisik atau pun pikiran, maka kedutan yang Anda alami dapat merupakan hal yang normal. Tetapi bila keluhan Anda disertai dengan keluhan lain seperti anyang-anyangan, keputihan, atau pun nyeri, atau keluhan lainnya, ada kemungkinan keluhan Anda disebabkan oleh infeksi. 

Sebaiknya jagalah kesehatan vagina Anda dengan melakukan beberapa tips dibawah ini:

  • Gunakanlah pakaian dalam dari bahan katun atau sutra ketimbang dari bahan sintetik. Ganti pakaian dalam setiap hari.
  • Jangan berlama-lama menggunakan pakaian ketat (celana yang ketat, jeans) atau stocking karena dapat meningkatkan kelembaban daerah kewanitaan dan mempermudah iritasi dan pertumbuhan bakteri dan jamur.
  • Hindari produk-produk seperti: semprotan kewanitaan, tisu berwarna dan mengandung pewangi, pembalut yang mengandung pewangi. Produk-produk tersebut dapat menyebabkan iritasi daerah kewanitaan.
  • Jika sedang menggunakan pembalut, rutinlah mengganti pembalut, paling tidak 2-3 kali sehari.
  • Pastikan pakaian dalam Anda dicuci dan dibilas 2 kali dengan bersih sehingga tidak ada bahan iritan yang tertinggal dari deterjen atau pengharum pakaian.
  • Hindari penggunaan sabun pewangi, cairan pewangi, bedak di sekitar area kewanitaan.
  • Cucilah daerah kewanitaan dengan arah dari depan ke belakang agar menghindari perpindahan bakteri dari area anus ke area kewanitaan.
  • Jangan melakukan vaginal douching karena dapat menimbulkan iritasi dan menghilangkan bakteri baik yang berguna untuk menjaga daerah kewanitaan tetap sehat.
  • Jangan berganti-ganti pasangan seksual dan tidak melakukan hubungan seksual di luar nikah.

Bagaimana organ kewanitaan yang sehat? Daerah kewanitaan yang sehat tidak membutuhkan pengobatan apapun. Yang terpenting adalah untuk menjaga daerah kewanitaan Anda tetap kering dan bersih setiap saat. Hindari kelembaban berlebihan dan sebaiknya tidak perlu menggunakan produk-produk yang dapat menyebabkan iritasi daerah kewanitaan Anda.

Bila keluhan vagina berkedut tidak juga membaik, Anda dapat konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan atau pun dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memastikan Anda mendapatkan terapi yang tepat. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai vagina berkedut. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar