Sukses

Penggunaan Obat TB Bersamaan Dengan Obat Di Warung

12 Jul 2017, 12:37 WIB
Pria, 28 tahun.

Sore dok.... Saya mau tanya! Apakah boleh, meminum obat TB (RIFASTAR), dengan obat2an yang ada diwarung?

Terima kasih telah bertanya seputar penggunaan obat TB bersama dengan obat warung melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. RIFASTAR 4 FDC adalah obat yang digunakan untuk mengobati tuberculosis (TBC) dan infeksi bakteri Mycobacterium tertentu. RIFASTAR 4 FDC caplet mengandung kombinasi Rifampicin, Isoniazid, Pyrazinamide, dan Ethambutol.

Setiap obat memiliki kemungkinan akan terjadi interaksi obat bila dikonsumsi dengan obat lain. Pertanyaannya apakah interaksi obat warung dengan obat TB tersebut cocok atau tidak cocok. Karena Rifastar memiliki 4 kandungan obat berbeda di dalamnya, maka interaksi obat nya pun berbeda-beda.

Obat-obatan warung seperti antasida, terutama yang mengandung Aluminium hidroksida akan mengurangi absorpsi ethambutol. Maka sebaiknya penggunaan obat ini dihindari atau setidaknya diberikan jarak minimal 4 jam setelah penggunaan ethambutol.

Obat isoniazid dapat meningkatkan efek hepatotoksisitas paracetamol. Penggunaan obat isoniazid dengan kontrasepsi oral, dianjurkan untuk menggunakan tambahan non hormonal kontrasepsi. 

Penggunaan rifampisin tidak boleh dibarengi dengan beberapa obat antivirus dan antibiotik. Penggunaan obat lain seperti steroid, obat hormonal boleh digunakan tetapi sebaiknya diganti. Sedangkan pyrazinamide tidak memiliki banyak interaksi obat.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai penggunaan obat TB bersama dengan obat warung. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar