Sukses

Buang Air Besar disertai Darah

12 Jul 2017, 17:32 WIB
Pria, 21 tahun.

selamat pagi dok, saya mau bertanya selama 5 hari terkahir ini berak saya disertai cairan seperti darah tetapi tidak berbau amis dan darahnya bukan seperti darah segar. setiap saya berak, perut saya tidak terasa sakit atau mengalami gangguan, hanya saja keluar cairan seperti itu (air+darah) kejadian ini sudah lama tetapi hanya sesekali terjadi. mohon penjelasanya dok

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar BAB disertai darah melalui fitur Tanya Dokter

BAB yang disertai darah dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satu yang paling sering adalah adanya hemoroid/ambeien dan diverticulosis. Apakah anda memiliki kebiasaan mengedan kencang saat BAB? Apakah anda jarang mengonsumsi makanan tinggi serat seperti sayur-sayuran? Apakah anda merokok? Apakah pekerjaan anda banyak menyangkut mengangkat beban yang berat? Apakah ada penurunan berat badan yang tidak direncanakan? 

Pertanyaan-pertanyaan tadi bertujuan untuk mencari tahu penyebabnya. Namun karena keterbatasan kami, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah umum agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang tepat untuk anda. 


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar BAB disertai darah, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar