Sukses

Kuku Copot Setelah Marathon, Harus Diapakan?

12 Jul 2017, 15:50 WIB
Pria, 33 tahun.

Pak dokter, mau nanya Saya habis mengikuti Half Marathon 21 km. Mungkin sepatu dan kaos kaki yang digunakan saat itu tidak tepat sehingga menyebabkan jari kaki telunjuk berwarna biru dan kuku seperti mau copot. Kira2 obat dan penanganannya bagaimana ya? Terimakasih

Terima kasih sudah bertanya seputar kuku copot setelah marathon melalui fitur Tanya Dokter

Sangat mungkin keluhan yang Anda alami karena kaos kaki dan aktivitas half marathon Anda. Kondisi seperti ini disebut dengan Onikolisis, yaitu terlepas kuku dari bantalan yang Ada dibawahnya. Hal ini berkaitan dengan Anda membiarkan kuku kaki tumbuh panjang sehingga mempermudah terjadinya trauma. Kemungkinan lain, infeksi kuku juga bisa menjadi penyebab dari masalah ini. Infeksi jamur di bagian bawah kuku bisa mendorong kuku untuk seakan akan "lepas". Warna biru yang Anda mungkin saja memar karena proses lepasnya kuku tersebut. 

Anda perlu berhati hati karena dengan kondisi seperti ini rentan terjadi infeksi tambahan pada bagian dibawah kuku. Bila warna bagianbawa kuku menjadi kekuningan biasanya menandakan Adanya infeksi jamur, sementara bila berwarna hijau bisa berkaitan dengan kumar tertentu.

Pada prinsipnya Anda tidak perlu mencabut kuku. Potong saja kuku sampai bagian yang masih menempel dengan kulit dibawahnya. Hindari penggunaan pewarna kuku dan pastikan daerah tersebut tetap kering. Anda tidak perlu khawatir karena kuku yang baru akan tumbuh menggantikan bagian kuku yang Anda buang.

Saya tetap menyarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk menilai apakah tanda infeksi tambahan atau tidak. 

Demikian informasi mengenai kuku copot pasca maratahon, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar