Sukses

Bolehkah Benjolan Payudara Menyusui?

12 Jul 2017, 15:50 WIB
Pria, 30 tahun.

Dok saya ingin bertanya Ibu saya udah dua hari ada benjolan di payudara Tapi ibu saya sedang menyusui, bahaya atau tidak benjolan di payudara ibu saya

Terima kasih telah bertanya mengenai benjolan payudara dan menyusui melalui fitur Tanya Dokter

Benjolan(tumor) pada payudara dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab, mulai dari yang ringan seperti kumpulan lemak, infeksi , penyakit fibrokistik, dan tumor jinak(seperti Fibroadenoma Mammae) hingga yang berat atau ganas seperti kanker payudara.

Untuk membedakannya perlu diketahui sejak kapan benjolan tersebut muncul?, dimanakah tepatnya letak benjolan tersebut? apakah ukuran benjolan tersebut tetap atau makin membesar? apakah permukaannya licin atau berbenjol, bertepi rata atau tidak, dapat digerakkan atau melekat pada dasarnya, dan bagaimana konsistensinya apakah keras atau lunak? apakah keluhan tersebut terdapat pada salah satu payudara atau keduanya? apakah benjolan menetap atau hilang timbul? apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)? bagaimana keadaan kulit di atasnya? apakah terdapat kemerahan pada kulit payudara?

Benjolan yang banyak terdapat pada wanita muda dan remaja adalah Fibroadenoma Mamma (FAM) dan penyakit fibrokistik (mammary displasia). FAM biasanya tidak dipengaruhi oleh menstruasi baik ukuran ataupun sensasi nyeri. Sebaliknya fibrokistik akan membesar saat menstruasi. Kedua benjolan ini jinak dan bisa diangkat.

Kanker payudara biasanya mengenai wanita berusia > 35 tahun. terutama yang memiliki riwayat kanker di Payudara. Kanker ditandai dengan benjolan yang sulit digerakkan, keras, bentuk tidak teratur, berdarah, dll.

Bila betul yang Anda maksud adalah benjolan maka tidak ada halangan untuk menyusui. Namun, bila yang Anda maksud adalah payudara bengkak kemerahan terutama sampai demam, disebut mastitis, maka sementara waktu bisa menyusui dengan payudara yang sehat. Pada pasien kanker payudarapun bisa saja menyusui dilakakukan. Akan tetapi terapi radiasi yang diberikan sering mengganggu dari produksi ASI.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan Benjolan Payudara, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar