Sukses

Denyut Jantung Berdetak Cepat

12 Jul 2017, 14:20 WIB
Pria, 15 tahun.

assalamualaikum dokter, saya ingin bertanya tentang keadaan jantung saya. detak jantung saya sering berdetak cepat padahal saya tidak melakukan hal yang terlalu berat. sebagai contoh saat saya berbaring lalu bangun utuk mengambil barang padahal saya hanya berjalan sekitar 2 m lalu kembali berbaring lagi dan saya selalu merasakan jantung saya berdetak cepat dan tidak seperti biasanya. saya sudah lama merasakan itu. apakah gejala yang saya rasakan itu berbahaya? dan apa sebenarnya penyakit saya. karna menurut website yang saya baca hal itu bisa saja mengarah ke stroke bahkan serangan jantung. bagaimana cara saya agar bisa mencegah hal itu? bila memang karna pola makan saya, mohon di bantu dok untuk jadwal makan sehat saya yang bisa mencegah semua keadaan tersebut. terima kasih dokter wassalamuaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih sudah bertanya mengenai jantung berdetak cepat melalui fitur Tanya Dokter

Jantung berdenyut cepat disebut disebutka dengan takikardi. Denyut jantung normal di usia dewasa sekitar 60 -100 denyut per menit. Takikardi didefinisikan bisa denyut melebihi 100 kali per menit. Ada sangat banyak hal yang bisa mempengaruhi denyut jantung. Denyut jantung yang cepat bisa menjadi respon yang normal  seperti ketika tubuh beraktivitas, dalam keadaan stres dan panik, dan dehidrasi.

Kondisi denyut nadi cepat juga bisa menjadi tanda dari kelainan. Tidak hanya kelainan jantung namun juga organ lain yang dapat mempengaruhi jantung. Kelainan akibat jantung sering berkaitan dengan aritmia, kelainan irama jantung yang mungkin mengenai wanita seusia Anda. Hal ini ditandai dengan nadi yang tidak beaturan. Betul kelainan jantung bisa turut menyebabkan nadi cepat. Akan tetapi kecil kemungkinan terjadi di usia Anda kecuali Anda memiliki penyakit jantung bawaan dari lahir.

Kelainan organ lain yang bisa menyebabkan nadi cepat adalah tiroid. Kelainan tiroid juga ditandai dengan pembengkakan di bagian leher, adanya temor (tangan gemetar), bisa disertai mata menonjol ataupun tidakl.

Saya sarankan Anda untuk lebih rileks dan memeriksakan diri ke dokter bila memang keluhan tersebut menganggu Anda. Biasakan bangun secara perlahanlahan dari posisi tidur sebelum Anda melakukan satu aktivitas, minum air yang cukup, berolahraga dengan teratur.

Demikian informasi terkait mengenai jantung berdetak cepat. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar