Sukses

Lengan dan Paha Terasa Lemah dan Nyeri

12 Jul 2017, 15:04 WIB
Pria, 19 tahun.

Kepada saudara Dokter terhormat. Perkenalkan nama saya Muhammad Yusup Dokter ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan mengenai gejala yang saya rasakan akhir - akhir ini. Sudah 2 tahun terakhir ini saya merasakan beberapa kondisi dimana kaki dan tangan saya, tepatnya di bagian paha dan lengan tangan saya terasa kaku, tegang dan lemah atau seperti tidak ada tenaga. Contoh ketika saya bangun dari tidur lalu ingin berdiri terasa sangat sulit karena paha dan lengan tangan saya terasa kaku, tegang dan lemah atau seperti tidak ada tenaga. Contoh lain, ketima saya sedang duduk lalu ingin bangun dari posisi duduk saya atau ingin berdiri itu juga terasa sulit Dokter, karena seperti yang saya katakan diatas bahwa paha dan lengan tangan saya terasa kaku, tegang dan lemah atau seperti tidak ada tenaga, kalau saya paksakan untuk berdiri maka akan terasa sangat sakit di bagian paha dan lengan tangan saya. Hal ini juga mengganggu beberapa aktifitas lainnya seperti ketika saya sedang berjalan tiba - tiba jatuh karena terasa lemah atau seperti tidak ada tenaga dibagian paha saya, dan sulit juga untuk melakukam aktivita lainnya seperti mandi dan memakai baju karena lengan tangan saya yang sulit digerakan karena terasa kaku, tegang, dan lemah atau seperti tidak ada tenaga. Yang membuat saya bingung Dokter, datangnya selalu tiba - tiba, dan selalu pada saat saya bangun dari tidur, padahal sebelum tidur saya tidak pernah merasakan hal demikian. Saya pernah melakukan pengobatan Teraphy a @tau pengobatan alternatif, dan katanya ini akibat dari Asam Urat dan Kolestrol saya yang tinggi. Hal ini diperkuat ketika dicek, ternyata benar Asam Urat dan Kolestrol saya memang tinggi Dokter. Namun yang ingin saya tanyakan kepada Dokter adalah, apakah benar gejala yang saya alami selama ini akibat dari Asam Urat dan Kolestrol saya yang tinggi, atau mungkin ada indikasi saya terkena penyakit lain Dokter. mungkin cukup sekian dari saya, Terima kasih 😊

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri dan lemah di tangan dan paha melalui fitur Tanya Dokter

Sebelumnya kami mohon maaf atas keterlambatan penjawaban ini.

Ada beberapa pertanyaan yang harus kami tanyakan terlebih dahulu untuk membantu mencari tahu penyebab keluhan anda. Seperti apakah nyeri yang anda alami? Apakah pergerakkan anda menjadi lebih terbatas terutama ketika pagi hari atau sepanjang hari? Kegiatan apa yang dapat meringankan keluhan anda, dan apa yang memberatkan? Apakah anda mengalami benturan atau jatuh pada tangan atau kaki? Apakah keluhan tersebut dimulai bersamaan? apakah ada rasa kesemutan atau seperti terbakar? Apakah ada gangguan berbicara atau menjadi mudah lupa? Apakah tangan anda menjadi sering gemetar sendiri?

Begitu banyak kondisi yang dapat menyebabkan keluhan anda, seperti frozen shoulder, gout arthritis, perkapuran sendi bahu atau sendi pinggul, rematik sendi, gejala awal parkinson, dan masih banyak lagi. Nyeri pada tungkai berhubungan dengan berat badan berlebih dan biasanya pada orang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki kolesterol yang tinggi, oleh karena itu tidak dapat dipastikan bahwa kolesterol yang merupakan penyebabnya. 

Asam urat yang tinggi dapat membentuk kristal dan tersimpan di sendi, sehingga bisa mengakibatkan peradangan. Namun biasanya sendi yang terkena adalah sendi kecil seperti ibu jari dan jari-jari tangan. 

Kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi untuk pemeriksaan lebih lanjut, dan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti x-ray, USG, atau MRI dan beberapa lab darah seperti ESR dan CRP untuk mencari tahu apakah ada proses peradangan yang terjadi saat ini atau tidak.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar nyeri dan lemah di tangan dan paha , Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar