Sukses

Keluhan Seperti Kesetrum

12 Jul 2017, 13:51 WIB
Wanita, 16 tahun.

dok, saya mau tanya. Saya sering mengalami nyeri pada kepala seperti tersetrum yang menjalar setiap kali mendengar orang yang berteriak dengan keras. Kira kira kenapa ya dok? Termasuk penyakit apa gejala yang saya alami ini dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya perlu diketahui sejak kapan keluhan ini dirasakan? Kami menduga nyeri seperti kesetrum yang dialami Anda adalah rasa seperti kesemutan yang menjalar.

Kesemutan merupakan keluhan yang pernah dialami oleh semua orang. Biasanya kesemutan terjadi saat tubuh terlalu lama diam, atau berada dalam suatu posisi tertentu, sehingga aliran darah ke daerah tersebut (misal ke arah tangan atau kaki Anda) menjadi terhambat dan timbul keluhan kesemutan.

Terdapat beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya kesemutan, baik kesemutan yang bersifat sementara ataupun kesemutan yang berlangsung jangka panjang (kronis). Beberapa hal yang dapat menimbulkan kesemutan yang sementara antara lain adalah :

penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur, duduk bersila, dll)
frekuensi napas cepat
serangan panik
dehidrasi (kurang cairan)
kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan
dsb
Sedangkan kesemutan yang berlangsung lama (kronis) dapat disebabkan oleh:

gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome), melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang, dsb
gangguan jantung dan pembuluh darah
gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.
infeksi dan sindrom post-infeksi
gangguan jaringan ikat dan imunitas
kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi
kurang vitamin: vit B1, vit B5 dan B12
keganasan/tumor otak
dsb
Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung, penegakkan diagnosis, dan terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar