Sukses

Air Seni Berwarna Merah Kehitaman

12 Jul 2017, 14:39 WIB
Pria, 56 tahun.

Sejak sekitar 8 tahun yang lalu saya aktif jogging sekitar 50 s/d 60 menit hampir setiap hari. Selama ini tidak ada keluhan apa-apa, justru badan tambah fit dan segar. Namun beberapa hari terakhir saya khawatir sebab selesai lari sewaktu buang air kecil, warnanya merah kehitaman, sepertinya terjadi pendarahan. Meskipun tidak ada keluhan rasa sakit sama sekali saya jadi khawatir. Sebelum dan setelah lari saya biasanya minum cukup banyak, terutama selesai lari. Pertanyaan saya, apa penyebab perubahan warna air seni tersebut dan bagaimana mengatasinya? Sebelumnya saya sampaikan terima kasi banyak atas kesediaannya menjawab pertanyaan saya. Salam hormat, WP

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar air seni berwarna merah kehitaman melalui fitur Tanya Dokter

Sebelumnya ada beberapa pertanyaan yang harus kami tanyakan mengenai kondisi anda. Sejak kapan keluhan ini muncul? Apakah berubah warna setiap kali anda selesai berolahraga? Apakah sebelumnya pernah terjadi? Apakah ada keluhan lain seperti nyeri pinggang, nyeri saat berkemih, penurunan berat badan cukup drastis, menjadi mudah lelah belakangan ini? Apakah anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu? 

Beberapa keadan dapat menyebabkan air seni yang berubah warna seperti : 

  • Rhabdomyolysis. Keadaan dimana terjadi degradasi sel otot dan dibuang melalui urin, sehingga menimbulkan perubahan warna menjadi kehitaman atau coklat seperti teh.
  • Infeksi pada ginjal
  • Tumor di kantung kemih
  • Efek obat tertentu seperti obat TBC.

Kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi atau penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan lengkap terhadap keluhan anda.


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar air seni berwarna merah kehitaman , Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar