Sukses

Telinga Terasa Kebas

12 Jul 2017, 14:18 WIB
Wanita, 14 tahun.

Dok,udah 2 hari daun telinga kiri saya kebas,tapi gak ada rasa sakit,merah atau keluhan yg lain. Saya punya kebiasaan membersihkan telinga sendiri,biasanya saya menggunakan cottonbud. Kira-kira telinga saya kenapa ya dok? Apa penyebab dan cara ngobatinnya dok?

Terima kasih sudah bertanya mengenai telinga kebas melalui fitur Tanya Dokter

Telinga kebas bukanlah sebuah penyakit melainkan tanda dari penyakit. Ada banyak kondisi yang berkaitan dengan rasa kebas di telinga. Kondisi tersering disebabkan adanya infeksi dari liang telinga. Hal ini sering terjadi karena luka yang tidak disadari pada saat membersihkan telinga, kemudian memperantarai masuknya kuman. Membersihkan telinga memang perlu kehati-hatian. Cottonbud bisa saja malah mendorong kotoran telinga lebih jauh ke dalam. 

Kondisi lain yang sering berkaitan dengan telinga kebas adalah sumbatan di dalam liang telinga. Sumbatan dalam liang telinga bisa disebabkan oleh kondisi kotoran telinga yang mengeras atau tisue/ kapas yang tertinggal karena membersihkan telinga. Kondisi ini biasanya disertai dengan rasa tuli pada telinga yang sakit. 

Peradangan telinga tengah baik pasca terserang pilek ataupun karena tekanan tinggi bisa mengakibatkan kondisi serupa. Kondisi kronik seperti sinusitis juga bisa mengakibatkan rasa telinga kebas.

Sulit untuk menentukan kemungkinan penyebab keluhan Anda karena kami tidak memeriksa secara langsung. Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter supaya dapat diketahui penyebabnya dengan jelas dan diberikan terapi yang sesuai.

Demikian informasi mengenai telinga kebas, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar