Sukses

SGOT/SGPT

12 Jul 2017, 14:27 WIB
Wanita, 21 tahun.

saya mau tanya dok, untuk penelitian pemeriksaan gambaran SGOT SGPT kita bisa menggunakan sampel pada populasi apa selain pada pegawai batu bara ?

Terima kasih telah bertanya mengenai SGOT/SGPT melalui fitur Tanya Dokter

Pemeriksaan SGOT/SGPT merupakan pemeriksaan fungsi hati. Perlu diketahui pemeriksaan ini hanya menunjang pemeriksaan fisik, sehingga hasilnya perlu disesuaikan dengan kondisi klinis masing-masing pasien. Untuk nilai normal, rangenya dapat berbeda-beda sesuai dengan reagen yang dipakai di masing2 lab, BNilai normal SGOT adalah 3-45 u/L, sedangkan nilai normal SGPT adalah 0-35 u/L (terdapat sedikit variasi dari nilai normal dan sangat tergantung dari laboratorium tempat pemeriksaan).

SGPT (Serum Glutamic Pyruvate Transaminase): merupakan suatu enzim yang terdapat di dalam sel hati. Ketika sel hati mengalami kerusakan, akan terjadi pengeluaran enzim SGPT dari dalam sel hati ke sirkulasi darah dan akan terukur melalui pemeriksaan laboratorium.

SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) : seperti halnya SGPT, SGOT merupakan enzim hati yang terdapat di dalam sel parenkim hati. SGOT akan meningkat kadanya di dalam darah jika terdapat kerusakan sel hati. Namun SGOT tidak spesifik hanya terdapat di dalam hati. SGOT juga dapat ditemukan di sel darah, sel jantung dan sel otot, karena itu peningkatan SGOT tidak selalu menunjukkan adanya kelainan di sel hati.

Setiap orang dapat diperiksa SGOT/SGPT dan normal tidaknya dapat mencerminkan fungsi hati secara umum.


Demikian informasi yang dapat Kami berikan mengenai nilai SGOT/SGPT. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar