Sukses

Mencegah Terjadinya Keguguran

12 Jul 2017, 14:14 WIB
Wanita, 37 tahun.

Saya hamil ke 4 usia kandungan saya 15 minggu tapi saya mengalami semacam pendarahan seperti keluar cairan warna merah muda kandang kental,uda usg janin sehat dan bergerak di kasih obat penguat kandungan pregnabion allylestrenol 2x1,tpi uda 2 minggu ini masih berlanjut kadang perut saya mengalami kaku ato kram apakah saya masih bisa meneruskan kehamilan ini,dok krna saya takut keguguran terima kasih atas bantuan ny

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar mencegah keguguran melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran anda mengenai keluhan yang anda alami. Pencegahan lebih baik daripada mengobati, lalu Bagaimana Mencegah Keguguran?
Faktor pencetus terjadinya keguguran atau abortus, di antaranya:

  1. Kelainan genetik.
  2. Ibu hamil dengan kondisi medis tertentu (kelainan bentuk rahim, hormonal, imunologis, dan infeksi).
  3. Ibu dengan riwayat keguguran sebelumnya atau hamil di luar kandungan.
  4. Usia ibu di atas 35 tahun.
  5. Gaya hidup tidak sehat, seperti merokok dan sering mengonsumsi minuman beralkohol.
  6. Obesitas.

Faktor nomor 1 sampai dengan 4 merupakan faktor risiko yang tidak dapat dicegah, sedangkan faktor lainnya merupakan faktor yang dapat dicegah atau dimodifikasi. Untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat hendaknya Anda melakukan hal-hal dibawah ini:

  • Antenatal Care (ANC). pemeriksaan kehamilan secara rutin akan membantu dokter memantau kesehatan Anda dan kesehatan bayi Anda.
  • Penuhi kebutuhan nutrisi harian dengan gizi seimbang. Konsumsi asam folat, kalsium, zat besi, vitamin D, dan nutrisi penting lainnya.
  • Menambah berat badan dengan bijak. Selama enam bulan pertama kehamilan, kebutuhan kalori yang dibutuhkan adalah sekitar 2000 kalori. Hal ini tidak jauh lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan kalori seorang wanita sebelum hamil. Namun, selama tiga bulan terakhir kehamilan (trimester ketiga kehamilan), seorang wanita hamil akan membutuhkan kalori tambahan sekitar 200 kalori per hari, menjadi sekitar 2.200 kalori per hari.
  • Tetaplah aktif. Aktivitas fisik secara teratur dapat meringankan atau bahkan mencegah ketidaknyamanan yang dirasakan selama kehamilan. Hal ini juga dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk persalinan. Diskusikan kepada dokter, jenis latihan apa yang dapat dilakukan ketika hamil.
  • Hindari zat berbahaya seperti alkohol, tembakau, dan obat-obatan terlarang selama kehamilan.
  • Hindari pemakaian obat tanpa rekomendasi dokter. Beberapa obat tertentu sebaiknya dihindari atau justru berbahaya bagi janin.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar mencegah keguguran, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar