Sukses

Hidrosalpingitis

12 Jul 2017, 12:19 WIB
Pria, 25 tahun.

Jadi termasuk kanker bukan dok.? Mematikan tidak. Seberapa bahaya nya Hidrosalping itu dok.... Terus makan pantanganya ap aj dokter... Mhn jwbny trimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang Hidrosalpingitis melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab konsultasi Anda. Hidrosalpingitis adalah peradangan yang dapat mengakibatkan perlengketan dari saluran tuba tempat terjadinya pembuahan (fertilisasi). Infeksi dapat terjadi akibat Infeksi Menular Seksual (IMS) yang menyebabkan Penyakit Radang Panggul, riwayat operasi sebelumnya, penyakit TBC, dan perlekatan akibat endometriosis dan kanker di sekitar tuba. Jadi sebenarnya hidrosalpingitis bukan merupakan kanker namun bisa saja terjadi akibat penyebaran kanker.

Sampai saat ini belum ada terapi atau tatalaksana hidrosalping menggunakan obat-obatan. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki sumbatan pada tuba anda adalah dengan jalan operasi (laparoskopi), sehingga dapat dipastikan apakah kerusakan pada tuba anda masih dapat diperbaiki atau memang sudah tidak dapat diperbaiki. Namun apabila terjadi kerusakan yang berat pada saluran tuba dimana sel telur tidak dapat keluar meskipun sudah dikoreksi dengan operasi, maka sebaiknya dipertimbangkan cara lain yang tidak melibatkan saluran tuba untuk dapat hamil. Diantaranya adalah program IVF (In Vitro Fertilization) atau dikenal dengan program bayi tabung. Namun program IVF pun memiliki beberapa persyaratan apabila ingin dilakukan.

Kami menyarankan Anda melakukan konsultasi lebih mendalam dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang menangani Anda agar didapatkan penanganan secara menyeluruh untuk permasalahan yang anda hadapi saat ini.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Hidrosalpingitis. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar