Sukses

Masturbasi Bisa Menurunkan Kualitas Sperma ?

12 Jul 2017, 14:05 WIB
Pria, 21 tahun.

Saya Malik 21 thn. Kondisi sekarang : terdapat pembuluh darah menonjol di batang penis, testis sebelah kiri turun tidak seimbang dengan yg kanan. Terasa nyeri di daerah testis sebelah kiri. Ejakulasi kuat 1-3x, sperma kental. Dok saya mau bertanya. 1. Apakah seringnya masturbasi sejak remaja menimbulkan efek tidak bisa mempunyai anak? 2. Lalu pengecekan apa yang pasti untuk mengetahui bahwa kualitas dan kuantitas sperma saya baik atau tidak serta tindakan apa yg di ambil? 3. Dengan cara atau terapi seperti apa untuk kualitas sperma saya membaik? (Saya tidak merokok, minum alkohol, softdrink. hanya aktif masturbasi sejak remaja) Terima kasih dok, semoga pertanyaan dan komentar bermanfaat untuk kita semua :)

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar masturbasi dan kualitas sperma melalui fitur Tanya Dokter

Nyeri di testis bisa disebabkan oleh peradangan akibat infeksi. Kebersihan diri yang kurang atau onani yang terlalu sering merupakan faktor risiko terjadinya peradangan pada testikel atau yang disebut dengan orkitis. Namun untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan fisik dan wawancara medis secara langsung. 

  1. Terlalu sering melakukan masturbasi/onani tidak secara langsung meyebabkan masalah fertilitas. Melainkan, terlalu sering onani merupakan faktor risiko dari luka dan terjadinya infeksi. Dengan terjadinya infeksi, terutama apabila tidak ditangani, dapat mengganggu kesuburan. Namun secara langsung, tidak berpengaruh.
  2. Untuk mengetahui kualitas sperma, diperlukan analisis sperma.Analisis sperma dilakukan di laboratorium dan diperiksa volume sperma, jumlah sel sperma, pergerakan sperma, dan bentuk sperma.
  3. Apabila tidak ada kelainan pada kualitas sperma, maka cukup hindari hal-hal yang dapat merusak kesuburan pria seperti : merokok, kebiasan minum alkohol dalam jumlah banyak melebihi yang direkomendasikan, duduk pada permukaan yang panas dalam waktu lama, dan menghindari seks bebas terutama tanpa pengaman. 


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar masturbasi dan kualitas sperma , Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar