Sukses

Sakit Kepala di Sekitar Alis

12 Jul 2017, 11:42 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok saya mau tanya, waktu SD telinga saya pernah terlempar bola kasti sangat keras tp efeknya baru kerasa saya SMA.. Pendengeran saya berkurang tp saya baru satu x periksa ke tht dan hasilnya lumayan berat, dari situ saya tidak pernah periksa lagi,, dan akhir2 ini saya sering mengalami sakit kepala bagian di tengah alis.. Sakitnya luar bisa sampai mual,muntah.. Dan dibagian bawah telinganya juga ikut sakit.. Bagaimana ya cara mengatasinya?? Saya harus ke ahli THT atau Saraf??.. Pengobatan alternatif apakah bisa membantu?? Terimakasih dok

Terima kasih telah bertanya tentang Sakit Kepala di Sekitar Alis melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab konsultasi Anda. Sakit kepala adalah gejala yang sangat umum dan memiliki jenis yang bermacam-macam. Penyebab sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine, tension type headache dan cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Berdasarkan keluhan yang Anda utarakan kami menduga nyeri kepala yang Anda rasakan adalah nyeri kepala tipe cluster. Nyeri kepala tipe cluster terjadi dalam waktu yang singkat dan berulang secara periodik. Pada nyeri kepala tipe cluster, dalam 4-8 minggu terjadi sakit kepala 1-2 kali perhari pada daerah sekitar mata dan pasien biasanya mengeluh nyeri di atas dan dibelakang mata. Diperkirakan bagian otak yang disebut hipotalamus berperan di dalam sakit kepala tipe cluster ini. Genetik atau keturunan serta pencetus lain seperti alkohol, coklat, udara panas, dan rokok juga berperan. Yang sebaiknya Anda lakukan apabila sakit kepala datang menyerang adalah istirahat, minum obat pereda rasa sakit-panadol boleh apabila dapat mengurangi nyeri-atau obat jenis NSAIDs seperti asam mefenamat. Apabila sakit kepala masih belum mereda maka saya anjurkan Anda berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis saraf untuk diperiksa secara holistik. Yang harus Anda waspadai adalah apabila sakit kepala ini terus menerus terjadi, dikhawatirkan didapatkan gangguan di otak. 

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Sakit Kepala di Sekitar Alis. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar