Sukses

Nyeri Punggung Setelah Operasi Caesar

12 Jul 2017, 11:08 WIB
Pria, 28 tahun.

Selamat sore, saya dengan yuni. gini Dok, setahun lalu saya caesar anak pertama, nah yang mau saya tanyakan kenapa setiap saya melakukan benyak kerjaan, duduk lama, berdiri lama....tulang punggung saya sakit sekali ya? sampai2 tidur pun harus tengkurep saking sakitnya. apa karena bekas suntikan biusnya itu berpengaruh ya pak Dokter? ditunggu jawabannya terima kasih :)

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri punggung melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Saat ini operasi sesar memang dapat dilakukan dalam anestesi epidural, atau pembiusan yang dilakukan lewat punggung bawah. Walaupun menyisakan nyeri, pembiusan tersebut tidak meninggalkan rasa nyeri yang lama. Pada umumnya akan hilang dalam waktu kurang dari 2-4 minggu, bila ada nyeri. Dapat semakin lama penyembuhannya bila terjadi penyulit lain seperti alergi atau pun infeksi, tetapi hal ini dapat dilakukan tindakan pencegahan atau profilaksis yang umumnya sudah dilakukan oleh dokter penanggung jawab Anda.

Nyeri punggung sendiri memiliki banyak penyebab. Low back pain (LBP) atau sakit punggung/pinggang belakang dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga. LBP lebih sering disebabkan oleh penyebab mekanis dibandingkan penyakit yang lebih serius seperti infeksi, tumor, batu ginjal, osteoporosis, kelainan organ reproduksi, dll.

Penyebab mekanis dalam LBP meliputi:

  • Sprains dan strains, yaitu otot yang keseleo atau tegang. Penyebab ini sering menyebabkan keluhan sakit punggung yang mendadak. Hal ini dapat terjadi karena mengangkat barang dengan posisi salah, memutar badan berlebih, overstretching, dll
  • Degenerasi diskus tulang belakang, dapat sering menyebabkan LBP pada penuaan.
  • Syaraf terjepit atau Hernia Nucleus Pulposus (HNP) adalah suatu gangguan akibat menonjol atau melelehnya (hernia) lapisan atau bantalan permukaan ruas tulang belakang (nucleus pulposus) dari ruang antar ruas tulang (discus intervertebralis).
  • Kompresi tulang belakang
  • Spondylolisthesis atau kondisi dimana tulang belakang tergelincir tidak pada tempatnya
  • Trauma, seperti dari berolahraga, kecelakaan mobil, jatuh, dll
  • Stenosis spinal, dimana terjadi penyempitan celah antar tulang belakang
  • Kelainan pada tulang belakang lainnya, seperti skoliosis, lordosis, dan kelainan menurun lainnya

Sulit bagi kami menentukan penyebab sakit pinggang tanpa melakukan pemeriksaan secara langsung. Maka, kami menyarankan sebaiknya Anda mengunjungi dokter umum, spesialis saraf, atau pun spesialis tulang (orthopedi) agar dapat dipastikan penyebabnya dengan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik yang lengkap dan juga pemeriksaan penunjang (bila diperlukan, misalnya rontgen).

Untuk sementara rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat anti nyeri. Beberapa tips yang dapat Anda terapkan adalah:

  • Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja
  • Selalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar
  • Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang
  • Tidur dalam posisi lurus, sebaiknya di atas kasur/alas yang keras
  • Coba latihan kekuatan otot punggung/latihan core seperti plank, side plank, bridge.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai nyeri punggung. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar