Sukses

Pemilihan Susu Bayi

12 Jul 2017, 01:05 WIB
Wanita, 31 tahun.

Dok, anak pertama dan kedua memang dari kecil sudah alergi susu sapi, apakah anak ketiga sy yg baru lahir akan sama dengan kakak-kakaknya yang juga alergi susu sapi? Dulu Anak pertama sy sufornya bisa soya, tapi anak kdua sufornya phpro karena ternyata alergi susu sapi & soya. Jika anak ketiga sy jg akan alergi sufor sapi/ soya, bagaimanakah sy memilih sufir yang tepat untuk anak ketiga sy yang baru lahir??? Mohon jawabannya Dok... Terima kasih sebelumnya.

Terima kasih telah bertanya seputar pemilihan susu menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Apakah Anda bisa memberikan ASI? Bila ASI masih keluar sebaiknya tetap diberikan dan dipompa agar produksinya semakin banyak. Lama kelamaan ASI bisa menggantikan susu formula yang sifatnya suplementasi sementara.

Untuk pemilihan susu formula bagi anak yang alergi (alergi susu sapi), perlu selalu dikonsultasikan dengan dokter anak. Saat ini, susu formula yang baru masih membuat diare. Berarti belum cocok. Ada kemungkinan anak Anda membutuhkan susu formula yang bersifat hipoalergenik (HA) sehingga kurang menimbulkan alergi. Susu jenis ini mengandung protein yang sudah dipecah menjadi lebih kecil dalam bentuk protein terhidrolisat, maupun asam amino.

Terdapat berbagai jenis susu formula hipoalergenik, yaitu:

  • Extensively hydrolysed formulas (terhidrolisa total) yang mengandung protein casein dan whey.
  • Partially hydrolysed formulas (terhidrolisa parsial)
  • Formula asam amino, direkomendasikan apabila formula yang terhidrolisa tidak bisa ditoleransi
  • Formula dari kedelai (soya), bukan pilihan pertama untuk bayi di bawah 6 bulan.

Setelah usia 6 bulan, biasanya hanya dipakai apabila anak tidak alergi protein kedelai atau apabila pilihan lain juga tidak dapat ditoleransi atau karena vegetarian
Pemilihan susu HA pada anak yang alergi susu sapi harus didiskusikan dengan dokter anak Anda karena harus disesuaikan dengan kebutuhannya, tumbuh kembangnya, dan toleransinya terhadap kandungan susu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar