Sukses

Nyeri Telan

12 Jul 2017, 01:05 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat pagi dok, saya udah batuk pilek sejak hari ketiga setelah lebaran (hari rabu), obatnya saya kasi intunal (warna kuning) sama jeruk+madu karna saya ngerasa tenggorokan saya sakit klo dibuat nelen sesuatu. Sampe hari minggu saya masi ngerasa tenggorokan saya sakit buat nelen sesuatu padahal batuk dan pileknya sudah sembuh, terus saya akhirnya ke klinik dokter umum di deket rumah saya dan dikasi obat radang, batuk pilek, antibiotik sama vitamin. Dokter yg meriksa tetep ngasi saya obat batuk pilek karna suara saya juga masi agak bindeng (parau) jadinya dikasi itu. Karna hari senin sampe sabtu depannya saya puasa syawal, obat yg harusnya diminum 3x sehari saya minum pas sahur dan buka aja jadi obat itu abis waktu hari kamisnya. Tapi sampe obat itu habis tenggorokan saya masi sakit sampe saat ini apalagi klo abis bangun tidur, saya juga masi batuk meskipun tidak berdahak tapi rasanya dada dan tenggorokan saya sesak dan gatal gitu dok jadi masi sering batuk2 terus dan kadang juga pilek tp ingus yg keluar warnanya hanya bening kental gitu tidak sampe kuning dok. Terus udah 3 hari ini saya juga mimisan sampe pagi ini, padahal saya juga udah menjauhi minuman dingin dan es tp memang saya masi makan gorengan. Yg saya tanyakan, saya ini sakit apa ya dok klo diliat dari tanda2 yg saya sampaikan di atas? Karena kok abis periksa di dokter umum malah semakin parah sakit tenggorokan saya, apa obat yg diberikan tidak cocok atau karna saya salah makan dok? Terimakasih, saya tunggu penjelasan dari dokter.

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri menelan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Dari gejala- sakit menelan yang Anda rasakan, kemungkinan Anda mengalami penyakit faringitis (inflamasi/ radang tenggorokan). Penyakit radang tenggorokan ini seringkali berkaitan dengan penurunan daya tahan tubuh, oleh sebab itu hal utama yang kami anjurkan adalah sebagai berikut:

Istirahat yang cukup. Dalam sehari, biasakan tidur selama 7-8 jam per hari karena tidur adalah waktu bagi tubuh untuk memperbaharui sel-sel dan membangun kembali tenaga yang telah terkuras.

Mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, dan minum yang cukup. Cukupkan konsumsi zat gizi yang dibutuhkan tubuh, dengan melengkapi berbagai sumber zat gizi dalam menu Anda. Misalnya karbohidrat (nasi, mie, roti), protein (daging-dagingan, ikan, tahu dan tempe), lemak (daging, susu), vitamin dan mineral (buah-buahan, sayuran). Konsumsilah cairan dalam jumlah yang cukup, dan untuk kondisi yang sedang anda alami, meminum air hangat adalah langkah yang baik karena disamping membuat nyaman tenggorokan yang sedang radang, air hangat dapat mengurangi pembengkakan area tenggorokan.

Menghindari kondisi stres dan tekanan psikologis

Mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi suplemen seperti vitamin C cukup baik dilakukan dalam kondisi penurunan imun tubuh. Hal yang harus diperhatikan bahwa, sumber alami vitamin C (misalnya buah jeruk, mangga) tetaplah sumber vitamin C yang lebih diutamakan. Selain itu, seringkali vitamin C dalam suplemen memiliki kandungan yang terlalu besar dibanding yang dibutuhkan tubuh. Suplemen vitamin C kurang baik untuk dikonsumsi jangka panjang, lebih lanjut konsultasikan dulu kepada dokter Anda.

Untuk memberikan kenyamanan area tenggorokan dan mempercepat penyembuhan, dapat dibantu dengan menghisap-hisap tablet antiseptik yang dijual bebas. Sekali lagi, tablet hisap ini tidak untuk digunakan dalam jangka panjang.

Bila nyeri tenggorokan anda berlangsung selama 5 hari atau lebih, maka kemungkinan besar telah ada infeksi bakteri dan anda membutuhkan antibiotik. Kunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan antibiotik yang sesuai dengan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar