Sukses

Gatal di Punggung sampai Pantat

12 Jul 2017, 00:35 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanya saya memang punya riwayat alergi.. Tapi setelah saya melahirkan gatal gatal ya malah setiap hari dan saya garuk menimbulkan kan luka dan bekas hitam d sekitar punggung hingga pantat.. Sudah banyak obat yg saya minum tapi tak kunjung sembuh contoh nya saya minum interhistin, seterizin, ketoconazole, kamal, salep visa cont tapi tak kunjung sembuh bahkan tak berkurang, saya juga beberapa kali mengunjungi dokter katanya saya terkena jamur, tidak boleh terkena debu dan keringat sering" ganti pakaian ketika berkeringat sudah saya lakukan tapi tetap saja tak mengurangi gatal dituduh saya.. Apa yg harus saya lakukan ya dok.. Kulit saya jadi luka menghitam dan kering kasar.. Dan apa bisa hilang rasa gatal dan bekas nya??Padahal saya juga selalu menjaga kebersihan.. Dan gatal gatal ini juga jadi tertular ke anak laki-laki saya berusia 2 tahun.. Apa saya bisa sembuh dok saya tunggu jawaban nya terima kasih sebelumnya..

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya seputar gatal di sekitar punggung hingga pantat menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Jika benar yang anda alami berupa bentol kemerahan yang gatal, maka dalam dunia kedokteran hal ini dikenal dengan istilah Urtikaria. Urtikaria memang merupakan reaksi alergi. Untuk itu, selain pengobatan, perlu diketahui hal apa yang menyebabkannya. Ini diperlukan karena memang penanganan alergi yang terbaik adalah dengan menghindari pencetus yang menyebabkan terjadinya gejala. Selain itu untuk penyakit kulit sangat dibutuhkan pemeriksaan tubuh untuk melihat kondisi kulit Anda, oleh karena itu kami sarankan agar Anda melakukan pemeriksaan ke dokter.

Adapun penyebab terjadinya urtikaria, meliputi:

Obat (obat minum, sabun, bahan kosmetik, dll)
Makanan
Gigitan/sengatan serangga
Trauma fisik
Bahan yang dihirup (jamur, debu, bulu binatang)
Infeksi (bakteri, virus, cacing)
Gangguan emosional/stres
Faktor keturunan
Beberapa penyakit seperti keganasan, hepatitis, hipertiroid.
Urtikaria ini merupakan reaksi cepat alergi. Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini? Adakah periode keluhan Anda hilang? Jika pencetus dihindari bagaimana hasilnya? Adakah keluhan lain seperti sakit gigi atau diare?

Untuk itu, jika Anda sudah mengetahui penyebab alergi Anda, kami sarankan Anda menghindarinya. Jika penyebabnya karena udara dingin maka Anda perlu menggunakan baju hangat bila di wilayah yang dingin atau jika ruangan Anda terlalu dingin, Anda bisa mencoba untuk meminta perpindahan tempat ke yang sedikit lebih hangat. Konsumsilah makanan hangat untuk meningkatkan suhu badan. Bagaimana dengan pakaian Anda? Pakailah pakaian yang menutup badan untuk mengurangi paparan dingin terhadap kulit Anda. Selain itu juga perlu diperhatikan kemungkinan penyebab yang lain. Anda mungkin perlu memeriksakan kesehatan gigi Anda karena infeksi gigi yang tersembunyi juga dapat menyebabkan urtikaria.

Pada dasarnya pengobatan alergi ditujukan untuk mencegah terjadinya gejala alergi, dan sebenarnya untuk mencegah gejala alergi yang paling efektif adalah dengan mengendalikan pencetusnya. Anda dapat mengkonsumsi obat anti alergi seperti CTM, loratadin, atau cetirizin. Anda tidak perlu khawatir, obat ini aman dikonsumsi saat menstruasi. Hindari kebiasaan menggaruk karena akan membuat kulit semakin gatal dan menyebabkan iritasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar