Sukses

Cabut Gigi Geraham, Dagu Terasa Baal Mati Rasa

12 Jul 2017, 00:06 WIB
Pria, 20 tahun.

Halo dok.. Saya kan kemarin pas bulan puasa cabut gigi geraham bawah kanan yang no 3 dari belakang. Sekarang yang gigi yang di depan bekas di cabut itu sering ngilu dok dan Dagu saya sebelah kanan jadi mati rasa atau baal. Pertanyaan nya sampai kapan ya rasa baal itu sembuh nya dok adakah obat nya?

Terimakasih telah bertanya seputar cabut gigi geraham, dagu terasa baal mati rasa melalui fitur Tanya Dokter.

Dalam tindakan pencabutan gigi selalu ada kemungkinan terjadi komplikasi. Salah satu diantaranya yang lazim terjadi adalah yang disebut parestesi, yaitu mati rasa akibat adanya kerusakan pada nervus (syaraf). Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya, di antaranya komplikasi pada saat anestesi (penyuntikan obat bius) atau pembedahan, anatomi gigi yang menyulitkan misalnya akar gigi yang bentuknya bengkok, atau terjadi inflamasi/infeksi di sekitar daerah operasi.
Kerusakan nervus dapat terjadi secara sementara atau permanen, bergantung pada derajat kerusakan syaraf. Bisa saja kerusakannya ringan, dan rasa baal dapat hilang meski terkadang tidak dapat kembali seperti semula. Karena proses regenerasi sel-sel syaraf tidak secepat jaringan lain (misalnya sel kulit yang cepat memperbarui diri), pemulihan biasanya membutuhkan waktu cukup lama, bisa berkisar 6 bulan-1 tahun. Pasien dapat diberikan obat-obatan/vitamin syaraf untuk mempercepat penyembuhan. Namun kerusakan juga dapat terjadi secara permanen, dimana serabut syaraf benar-benar putus. Jika ini terjadi maka pasien akan merasa baal untuk seterusnya.

Kami sarankan untuk kontrol ke dokter spesialis saraf agar bisa mendapatkan terapi untuk menyembuhkan parestesi tersebut.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai cabut gigi geraham, dagu terasa baal mati rasa, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar