Sukses

Kesemutan

11 Jul 2017, 23:59 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dokter saya merasa kesemutan diseluruh tubuh dan tangan gemetar serta kesulitan berjalan bahkan terkadang saya merasa kedinginan.. sudah 6 kali berobat bahkan alternatif lain sudah saya lakukan.. yang membuat saya terkejut tidak ada penyakit yang terdeteksi baik dari luar secara fisik maupun dari dalam secara tes darah.. ada 1 dokter yang mengatakan bahwa saya terkena gangguan saraf.. (stres/gila) tp saya tidak meyadarinya.. saran dari beliau hanya dihimbau untuk tetap tenangkan pikiran.. saya penasaran.. apakah ada gangguan saraf otak yang seperti itu.. terimakasih.. mohon bantuan penjelasan dan cara mengatasinya..

Terima kasih telah bertanya seputar kesemutan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kesemutan dapat menjadi tanda gangguan peredaran darah menuju organ terkait, atau dapat juga karena neuropati (gangguan pada saraf). 
Kesemutan yang berlangsung lama (kronis) dapat disebabkan oleh:

* gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome), melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang, dsb
* gangguan jantung dan pembuluh darah
* gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.
* infeksi dan sindrom post-infeksi
* gangguan jaringan ikat dan imunitas
* kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi
* kurang vitamin: vit B1, vit B5 dan B12
* keganasan/tumor otak
* dsb
Bila keluhan berlanjut dan bertambah berat, sebaiknya Anda pergi memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan terapi optimal. Untuk sementara coba konsumsi vitamin B kompleks, perbanyak sayur dan buah, konsumsi air putih yang banyak, serta bila istirahatkan tangan yang kesemutan. Untuk sementara hindari angkat beban di tangan kiri Anda karena akan memperparah keluhan anda

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar