Sukses

Terlambat Haid

12 Jul 2017, 00:00 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok saya mau tanya, saya sudah 2 bulan tidak mens. terhitung dr mei - juni. dibulan mei saya menjalankan ibadah umroh, saya mengkonsumsi obat untuk penunda mens. nah sampai sekarang saya belum mens. saya pernah melakukan hubungan seks, tapi selalu menggunakan pengaman. apakah obat penunda mens itu mempengaruhi dok? atau memang hormon saya? yg harus saya lakukan apa dok? terimakasih

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan lama keluarnya darah haid berlangsung selama 2-8 hari.

Adapun terlambat haid tidak melulu diartikan telah terjadinya kehamilan. Haid yang tidak teratur biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal. Gangguan hormon sering terjadi pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama ataupun beberapa tahun menjelang terjadinya menopause. Pada masa-masa itu merupakan variasi normal yang terjadi karena kurang baiknya koordinasi hormonal pada awal terjadinya menstruasi pertama dan menjelang terjadinya menopause, sehingga timbul gangguan keseimbaangan hormon dalam tubuh. Disamping itu, haid yang tidak teratur dapat juga terjadi pada :

- Gangguan indung telur, misal : Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS)

- Stress dan depresi

- Sakit kronik

- Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

- Penurunan berat badan berlebihan

- Olahraga berlebihan, misal atlit

- Adanya tumor yang melepaskan estrogen

- Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi

- Penggunaan obat-obatan tertentu, dsb

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat Anda ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Bila memang negatif, berarti kemungkinan besar tidak ada kehamilan. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar