Sukses

Mens Lama Setelah Berhenti KB

12 Jul 2017, 00:00 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya ibu rmh tangga usia 25 thn dan sdh punya 1 anak saya mau bertanya, saya mens dr tanggal 16 sampai tanggal 27 juni.. biasa nya saya hanya 4 hari mens tapi ini 12 hari.. dan harus nya saya kb suntik 1 bulanan pada tanggal 21 juni tp saya memutuskan untuk berhenti kb karna sudah terlalu lama.. setelah selesai haid sesudah 3 hari keluar lg flek dok.. saya sdh periksa k bidan kta bidan nya ini pengaruh dr kb suntik.. apakah benar? saya memang kecapean dok.. dan agak paur di bagian perut dok? Terimakasih

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

KB suntik dapat menimbulkan efek samping gangguan menstruasi termasuk menometroragi (umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea (1 tahun pertama), jika pemakaian suntikan KB dihentikan, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika terjadi perdarahan di luar waktu normal siklus haid disebut dengan metroragi. Jika volume haid banyak disebut menoragia. Jika keduanya terjadi, disebut sebagai menometroragia.

Pada wanita usia muda, metroragi memang umumnya disebabkan oleh gangguan hormonal. Penyebab metroragi lainnya diantaranya adalah :

Dysfunctional uterine bleeding
Endometriosis, adenomyosis
Kehamilan ektopik
Hiperplasia endometrial
Polip
Penggunaan kontrasepsi
Kanker leher rahim
Pelvic inflammatory disease
Jika sudah dipastikan tidak ada kelainan pada organ reproduksi Anda, bisa jadi keluhan tersebut merupakan efek samping kontrasepsi suntik. Seperti yang sudah dijelaskan, gangguan menstruasi dapat tetap terjadi sekalipun kontrasepsi sudah dihentikan. Darah menstruasi yang tidak berhenti bukan disebabkan oleh obat yang Anda konsumsi. Obat tersebut justru bertujuan untuk menghentikan perdarahan dan mengurangi nyeri. Tetap lanjutkan konsumsi obat tersebut dan kontrol teratur ke dokter Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar