Sukses

Bulu Mata Tumbuh Kedalam

11 Jul 2017, 22:47 WIB
Wanita, 18 tahun.

Selamat sore dok....,, Dokter..saya mau tanya,pada kelopak mata bagian dalam saya terdapat tiga bulu mata yang menancap,saya menyadari sekitar -/+ 5 tahun lalu, hingga srkarang bulu matanya belum hilang. Bahkan sekitar 1/2 bulan lalu (kurang lebihnya) mata saya terasa sakit,sewaktu saya lihat, di bagian kelopak mata bagian dalam yang ada bulu tadi ada sebuah warna kuning berbentuk oval ,tapi tidak kembung atau membrsar... Sekarang mata saya tidak sakit... Tapi bulu mata dan corak kuning ini masih ada... Bahkan bulunya seperti tumbuh semakin panjang... Sekian dok... Mohon jawabannya... Tetimakasih...

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Pertumbuhan bulu mata ke arah bola mata dalam istilah medis dikenal sebagai trichiasis. Penyebabnya antara lain kondisi mta yang disebut sebagai entopion (kelopak mata melipat ke dalam), infeksi kronis kelopak mata maupun trauma pada kelopak mata. Trichiasis menyebabkan ketidaknyamanan dan iritasi berulang pada mata. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kornea mata.

Gejala Trichiasis:

- mata merah, nyeri, berair
- iritasi kronis pada mata
- silau bila melihat cahaya

Pelumas seperti air mata buatan atau salep mata dapat mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh iritasi. Untuk penanganan sementara dapat dengan mencabut bulu mata (epilasi) namun sayangnya bulu mata akan kembali lagi dalam waktu kurang lebih 4 minggu. Pemilihan lain adalah dengan melakukan pencabutan bulu mata secara permanen dapat menggunakan teknik radiofrekuensi, bedah beku atau elektrolisis (menggunakan energi panas dan listrik). Bila trichiasis disertai dengan entropion, pembedahan kelopak mata dapat dipertimbangkan.

Oleh sebab itu kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis mata agar dapat dilakukan pemeriksaan terhadap mata Anda dan diberikan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar