Sukses

Gigi Depan Dicabut Dan Tidak Diganti Gigi Palsu

11 Jul 2017, 23:13 WIB
Wanita, 45 tahun.

Dok saya ingin bertanya seorang perempuan jatuh dari tanjakan lalu gigi dewasa depannya patah sebelah lalu saat di cabut di biarkan tidak memakai gigi palsu selama 2 minggu . Ternyata saat akan di pasang gigi palsu giginya menjadi kecil sebelah. Apakah gigi anak perempuan tadi bisa di perbaiki ?

Terimakasih telah bertanya seputar gigi depan dicabut dan tidak diganti gigi palsu melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan dugaan kami yang terjadi pada gigi yang sudah dicabut, adalah terjadi penyusutan tulang rahang. Biasanya tulang akan menyusut sekitar 20%. Oleh karena itu space gigi jadi terlihat lebih sempit dari gigi sebelahnya. Jika ingin diperbaiki agar ukurannya sama, maka gigi sebelahnya juga harus dibuatkan crown atau veneer. Perbaikan ini boleh dilakukan jika pasien benar-benar ingin mendapatkan hasil perawatan yang mengutamakan nilai estetik yang baik. 

Setelah pencabutan gigi idealnya beri jeda waktu 1 bulan agar penyembuhan tulang dan gusi sudah sempurna. Setelah itu baru bisa dicetak untuk dibuatkan gigi palsu. Atau bisa juga dibuatkan Immediate denture, yaitu suatu gigi palsu sementara yang dibuat agar selama penyembuhan, gigi pasien tidak ompong. Sekaligus untuk mencegah terjadinya penyempitan space/ruang gigi. Tapi immediate denture bentuknya tidak precise karena sifatnya sementara. 

Kami sarankan untuk berkonsultasi lagi dengan dokter gigi anda untuk membuat rencana perawatan yang terbaik untuk anak tersebut. Dan kami ingatkan pula, agar tidak cepat-cepat memutuskan untuk mencabut suatu gigi, karena pada sejatinya lebih baik mempertahankan gigi tersebut dibanding menggunakan gigi palsu. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi depan dicabut dan tidak diganti gigi palsu, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar