Sukses

Kontrasepsi Darurat

11 Jul 2017, 22:46 WIB
Pria, 25 tahun.

Slamat siang dok. Pada tgl 26 saya brhubungan bdn dgn istri saya. sejam kmudian istri saya minum 2 pil postpil skligus. apakah obat trsebut efektif jika dimkn skligus? smpe skrg istri saya blm mnunjukkan tnda" akan menstruasi pdhal jika diliat dri jdwal menstruasi shrusnya istri saya sdh menstruasi. mohon informasinya dok. trima ksih.

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Kontrasepsi darurat adalah jenis KB yang digunakan untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, seperti dalam kasus :

Lupa memakai kondom, kondom bocor, lepas, atau salah menggunakannya
Diafragma pecah atau robek
Kegagalan teknik sanggama terputus
Salah menghitung masa subur
Spiral terlepas
Lupa minum dua atau lebih pil KB
Terlambat suntik KB lebih dari 2 minggu
Perkosaan

Memang kontrasepsi yang sering disebut sebagai “morning after pill’ ini tidak bekerja seefektif kontrasepsi pada umumnya yang dipakai rutin, namun akan lebih baik jika tidak memiliki perlindungan sama sekali. Angka kegagalan dari kontrasepsi darurat ini adalah 3%.

Kontrasepsi darurat terdiri dari pil kombinasi dosis tinggi, pil kombinasi dosis rendah, pil progesteron, pil estrogen, dan spiral. Namun mohon maaf sebelumnya, kami tidak dapat menyebutkan nama obat untuk menghindari bias promosi. Pil efektif jika digunakan dalam waktu 72 jam pasca sanggama. Pil ini tidak dapat digunakan sebagai kontrasepsi jangka panjang. Sementara itu, spiral masih efektif dalam waktu 7 hari pasca sanggama, namun tidak dapat digunakan untuk wanita yang mengalami infeksi kelamin dan organ kewanitaan.

Terdapat beberapa efek samping dari penggunaan pil KB ini, yaitu mual, muntah, flek-flek, nyeri perut, dan sakit kepala. Jika istri Anda muntah dalam 2 jam setelah meminum pil, istri  Anda harus kembali meminum pil tersebut.

Kontrasepsi ini tidak dapat “menggagalkan” kehamilan yang sudah terjadi, namun hanya dapat berfungsi untuk mencegah sebelum kehamilan itu terjadi.

Keterlambatan siklus haid bisa saja karena kehamilan. Istri anda dapat melakukan pemeriksaan test pack, sebaiknya dilakukan paling cepat 2 minggu setelah berhubungan karena jika dilakukan sebelum itu bisa saja kadar hormon beta HCG masih rendah dan belum terdeteksi oleh alat test pack. Untuk memastikanya sebaiknya istri anda mengulang test pack setelah terlambat haid atau dapat juga berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui secara pasti kemungkinan yang dapat terjadi. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar