Sukses

Trigeminal Neuralgia

11 Jul 2017, 22:56 WIB
Wanita, 54 tahun.

Pagi dok. [Pertanyaan seputar operasi Trigeminal Neuralgia]. Dok, ibu saya sudah 3 tahun menderita trigeminal neuralgia. Sekarang sedang dirawat dirumah sakit karna penyakitnya kumat, yg menyebabkan wajahnya serasa disengat listrik dan ditusuk tusuk kuat. Baru kali ini ibu saya sudah diberi obat, suntik pereda rasa nyeri tetapi masih saja kumat sakitnya dok, biasanya ga seperti ini. 3 bulan yg lalu ibu saya juga sudah disuntik, tetapi kumat lagi sekarang. Dan menurut dokter syaraf , ada kemungkinan ibu saya akan dioperasi. Tetapi menunggu keputusan dokter ahli syaraf yg satunya lagi. Saya mau nanya apa efek samping dari operasi trigeminal neuralgia ya dok? Saya sudah baca digoogle, tp saya ingin memastikan apa benar. Saya takut dok, ibu saya kenapa napa setelah dioperasi. Dan ada solusi ga ya dok, untuk mama saya agar bisa menahan rasa sakitnya saat sedang kumat? Terimakasih dok.

Terima kasih telah bertanya seputar efek samping operasi trigeminal neuralgia menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Tentunya efek samping bisa bervariasi, bergantung pada prosedur atau tindakan apa yang dilakukan.

Umumnya prosedur pembedahan dilakukan untuk mencegah terjadinya tekanan pada saraf trigeminal oleh pembuluh darah. Pembedahan juga dilakukan untuk menghancurkan saraf yang mengalami gangguan fungsi.

Jenis prosedur pembedahannya, antara lain:

  • Microvascular decompression.
    • Pembuluh darah yang berhubungan dengan saraf trigeminal diangkat atau dipindahkan kemudian sebuah bantalan ditempatkan di antaranya. Pada kasus tertentu, dokter dapat memotong pembuluh darah yang menekan saraf trigeminal jika memang diperlukan. Beberapa risiko yang dimiliki prosedur ini, yaitu rasa sakit pada sebagian pasien, pendengaran menurun, kelumpuhan, baal pada wajah, atau stroke.
  • Gamma knife radiosurgery.
    • Dokter akan memaparkan radiasi dalam dosis tertentu ke akar saraf trigeminal untuk merusaknya dan mengurangi rasa sakit. Prosedur ini dapat diulang jika rasa sakit menyerang kembali.
  • Terdapat beberapa prosedur lain yang mungkin digunakan untuk mengobati trigeminal neuralgia, yaitu dengan menghancurkan serat saraf atau disebut juga rhizotomy. Prosedur ini juga dapat menyebabkan kelumpuhan pada wajah dan memiliki beberapa jenis, yaitu glycerol injection, balloon compression, dan radiofrequency thermal lesioning.

Efek samping terburuk adalah terjadinya kegagalan operasi, seperti kelumpuhan saraf dan gangguan vaskularisasi. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter saraf dan dokter bedah saraf untuk informasi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar