Sukses

Nyeri Perut Bawah dan Nyeri Pinggang

11 Jul 2017, 21:50 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok, Adik saya akhir akhir ini sering merasakan kesakitan di bagian perut bawah, Dan badannya terasa pada sakit, pinggang juga sakit. itu kenapa ya dok. ? says takut adik saya hamil.?

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Sulit untuk memastikan penyebab nyeri perut bawah dan nyeri pinggang yang Adik Anda alami tanpa melakukan pemeriksaan langsung.

Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri perut bawah. Posisi perut bagian bawah terdiri dari kulit, otot, jaringan lemak dan penunjang, usus besar ataupun organ perkemihan. Salah satu gangguan dari organ diatas dapat menyebabkan keluhan nyeri perut bawah. Apabila disertai dengan gangguan BAB maka terdapat masalah pada sistem pencernaan misalkan dapat terjadi IBS (Irritable Bowel Syndrome) atau Inflammatory Bowel Disease (IBD). Sedangkan organ yang terletak di antara perut bawah dan paha terdiri dari ureter dan organ pencernaan (usus). Selain itu dapat juga karena ganggung berkemih, seperti infeksi yang sering menyebabkan nyeri perut bagian bawah.

Namun, penyakit ini baru dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (X-ray tanpa kontras atau dengan kontras).

Sedangkan sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih, misal pada batu ginjal atau dismenorea. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba, yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, akan lebih baik jika Adik Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik.

 

Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

- sering berkemih
- pembesaran dan nyeri payudara
- mual
- perasaan lelah
- daerah sekitar puting susu menghitam
- peningkatan suhu tubuh
- flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding Rahim
dsb

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

- terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
- terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
- terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan pada Adik Anda perlu dilakukan pemeriksaan pasti karena gejala-gejala lainnya hanya merupakan pertanda tidak pasti. Kami sarankan jika Adik Anda terlambat haid lebih dari 2-3 minggu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan atau dapat testpack terlebih dahulu.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar