Sukses

Terlambat Haid

11 Jul 2017, 21:50 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, kemarin pda saat bulan puasa sayang tidak berhalangan full sebulan, apakah itu normal, mengapa bisa tidak berhalangan, apa penyebabnya, dan apa yang harus saya lakukan

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Perlu diketahui mengenai siklus menstruasi yang normal. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid berikutnya. Menstruasi akan berlangsung dengan siklus 21-35 hari selama 2-7 hari dengan volume 20-60 mL/hari. Oleh karena siklus menstruasi berbeda tiap orang maka definisi menstruasi "normal" pun bervariasi setiap individu. Beberapa hal yang penting dicatat mengenai menstruasi adalah tanggal mulai dan berhentinya, banyaknya pembalut yang digunakan dalam satu hari, adakah perdarahan abnormal di antara dua siklus menstruasi, dan nyeri menstruasi yang berlebihan.

Perlu juga diketahui bahwa siklus menstruasi erat kaitannya dengan pola makan, aktivitas sehari-hari, dan stress psikologis. Bagaimana dengan kakak Anda, bagaimana dengan pola makan beberapa hari belakangan? Bagaimana aktivitas sehari-hari, adakah aktivitas yang terlalu berat yang lakukan? Adakah stress psikologis yang sedang dialami saat ini?

Jika siklus haid terjadi diluar batas-batas normal yang telah disebutkan di atas secara berulang, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan perlu dievaluasi lebih lanjut. Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi terlambat, antara lain:
1. Kehamilan
2. Stress dan depresi
3. Nutrisi yang kurang
4. Penurunan berat badan berlebihan
5. Olahraga berlebihan
6. Obesitas
7. Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh
8. Gangguan indung telur
9. Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi hormonal, dll
10. Penyakit kronik dan Sindrom Asherman

Sebaiknya Anda makan makanan bergizi, istirahat yang cukup (tidur malam 6-8 jam per hari), lakukan olahraga ritmik secara rutin (berenang, jogging, jalan cepat, bersepeda). Anda dapat melakukan pemeriksaan testpack juga untuk mengkonfirmasi apakah terjadi kehamilan atau tidak. Periksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar