Sukses

Anemia

11 Jul 2017, 22:11 WIB
Wanita, 15 tahun.

Saya ingin bertanya, apa jika menderita anemia harus diperiksakan ke dokter ? Apa boleh jika hanya mengonsumsi suplemen penambah darah ? Jika boleh, sampai kapan saya harus mengonsumsi suplemen tersebut ? Sekian terima kasih.

Terima kasih telah bertanya seputar anemia menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Anemia atau kurang darah merupakan keadaan dimana jumlah Hemoglobin (Hb) yaitu komponen yang membawa oksigen dalam darah berkurang, ditandai dengan keluhan berupa cepat lelah, sering pusing, lemas, detak jantung cepat, sesak, pucat, dan lainnya. Anemia dapat disebabkan oleh beberapa hal dapat disebabkan oleh berkurangnya asupan gizi yang baik maupun akibat perdarahan atau kelainan genetik.

Penanganan anemia bergantung dari jenis, penyebab dan keparahan anemia. Penanganan mencakup perubahan diet, pemberian suplemen, pengobatan hingga tindakan seperti operasi.

Anemia yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia adalah anemia akibat kekurangan zat besi dan vitamin B yang berguna untuk memproduksi sel darah merah. Tanpa zat besi yang cukup tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah yang sehat. Pengobatan anemia akibat kekurangan zat besi dapat ditangani dengan mengonsumsi makanan dan suplemen kaya zat besi. Makanan yang banyak mengandung zat besi antara lain sayuran hijau seperti bayam dan kangkung, daging merah, kuning telur, hati ayam dan kacang-kacangan. Anda dapat mengonsumsinya dengan makanan atau minuman yang mengandung vitamin C untuk mempercepat penyerapan zat besi.

Namun, untuk memastikannya kami sarankan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan sehingga dapat diketahui penyebab pasti keluhan Anda dan diberikan pengobatan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar