Sukses

Hubungan Intim Setelah Operasi Caesar

11 Jul 2017, 21:50 WIB
Wanita, 27 tahun.

Saya melahirkan anak kedua dengan proses operasi caesar (anak pertama proses normal) pada tgl 13 mei 2017 dan saya langsung pasang kb iud pada saat yang bersamaan. Lalu pada tgl 22 juni 2017 saya dan suami melakukan hubungan intim karena darah nifas (dirasa) sudah berhenti. Saya sempat merasa sedikit cemas karena takut perut akan terasa sakit saat berhubungan mengingat proses lahiran saya melalui operasi caesar. Namun setelah beberapa lama kemudian muncul bercak2 darah (tidak banyak) dan kadang disertai lendir bercampur darah (tidak banyak jg) selama (mungkin) sekitar dua hari. Lalu pd tgl 26 juni 2017 kami kembali berhubungan dan sama seperti tgl 22 juni yang lalu kembali ada bercak darah. Pada awalnya saat berhubungan (kembali) tidak terasa sakit, namun ketika suami saya akan ejakulasi, saya merasa miss v terasa sedikit panas dan perih. Apakah itu berbahaya? Lalu bercak darah yang keluar itu merupakan sisa nifas atau apa yah dok? Terima kasih sebelumnya.

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Baik melahirkan secara normal maupun caesar, tubuh sama-sama membutuhkan waktu penyembuhan. Para ahli menganjurkan untuk menunggu setidaknya 4-6 minggu setelah melahirkan untuk serviks dapat menutup, perdarahan postpartum berhenti dan laserasi atau robekan menyembuh.

Nyeri pada saat bersenggama bukanlah hal yang umum terjadi setelah operasi caesar. Pada umumnya operasi caesar tidak mempengaruhi organ yang terlibat dalam hubungan seksual.

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi pada Anda:

1. Keluhan yang Anda alami tidak berhubungan dengan operasi caesar yang pernah dijalani. Nyeri saat berhubungan seks di daerah saluran kemih dapat terjadi karena foreplay yang kurang, vagina yang kering, atau adanya infeksi pada organ kandungan. Setelah melahirkan, terutama jika Anda menyusui, vagina Anda akan cenderung menjadi kering dan nyeri, terutama setelah melahirkan secara normal akan terjadi penurunan kekuatan otot vagina yang dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan. Untuk mengembalikan kekuatan otot dasar panggul, cobalah melakukan senam kegel.

2. Komplikasi operasi caesar seperti adanya perlengketan, infeksi, dan sebagainya.

Untuk memastikannya, Anda harus berkonsultasi dan diperiksa langsung oleh dokter ahli kandungan untuk dapat diketahui penyebabnya dan ditentukan pengobatannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar