Sukses

Cegukan

11 Jul 2017, 20:58 WIB
Pria, 27 tahun.

Selamat Pagi Dokter. Dok nama saya Christian. Saya sejak kemarin siang after lunch mengalami cegukan berkepanjangan hingga saat ini. Cegukannya kadang berhenti sebentar lalu kambuh lagi. Saya tidak merasa sakit hanya saat ini saya memang lagi batuk dan pilek. Kira kira obat apa yang harus saya konsumsi ya Dok? Terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar cegukan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Cegukan umumnya akan menghilang dengan sendirinya. Cegukan seringkali terjadi karena makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, kelebihan minuman beralkohol, atau gangguan keseimbangan elektrolit. Cegukan juga dapat terjadi karena gangguan medis lainnya.

Untuk menghentikan kecegukan bisa dilakukan tindakan berikut:

Menahan napas, karena dengan menahan nafas maka kadar karbondioksida di dalam darah meningkat, sehingga kecegukan berhenti.
Bernapas di dalam kantong kertas.
Cobalah hindari penyebab umum cegukan, dan lakukan tips untuk menghentikan cegukan di atas. Jika setelah dilakukan tidak ada perubahan, sebaiknya Bapak mengkonsultasikan hal ini lebih lanjut dengan dokter untuk dicari penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar