Sukses

Terlambat Haid

11 Jul 2017, 20:38 WIB
Wanita, 18 tahun.

Hai dok.. Saya mau bertanya.. Saya udah terlambat haid 2 bulan.. Terakhir saya haid awal bulan mei. . Sebelum bulan mei saya juga terlambat haid. Lalu saya periksa ke dokter. Di beri obat primolut. Setelah itu saya bisa haid bulan mei tersebut. Tapi sampai sekarang saya belum haid lagi. Saya ssuah mencoba cara mempercepat haid secara alami. Contoh : makan buah pepaya dan nanas. Tapi tidak berhasil. Jika mengkonsumsi obat primolut lagi bagaimana dok? Mohon saran nya dok.. Trimakasih.

Terima kasih telah bertanya seputar terlambat haid menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Penyebab tidak haid ada banyak sekali, belum tentu terjadi kehamilan. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang gangguan siklus haid. Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:
o Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
o Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
o Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
o Malnutrisi (kurang gizi)
o Stres psikologis
o Atlet
o Kekurangan vitamin K
o Penggunaan obat-obatan tertentu
o Kelainan pembekuan darah
o Gangguan hormon tiroid
o Dan lain sebagainya
Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.
Telat menstruasi memang salah satu tanda kehamilan jika ada riwayat hubungan seksual sebelumnya, namun bukan tanda pasti.

Umumnya, keterlambatan menstruasi merupakan tanda yang paling mudah dijadikan pegangan. Jika hubungan intim dilakukan pada masa subur, ada/tidaknya keterlambatan menstruasi baru dapat dilihat 2 minggu kemudian. Jika memang terlambat lebih dari 1 minggu dari waktu seharusnya, ada kemungkinan sudah terjadi pembuahan. Karena itu bisa dilakukan pemeriksaan kehamilan dengan test pack.

Untuk memastikan penyebabnya, konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan. Tidak disarankan penggunaan obat hormonal seperti yang Anda sampaikan tanpa resep dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar