Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Membagi Cerita Seks pada Remaja

11 Jul 2017, 20:26 WIB
Wanita, 42 tahun.

Selamat pagi dok, saya novi, saya mempunyai putri, yang baru berumur 17 tahun beberapa waktu lalu saya menemukan fakta, bahwa anak saya pernah melakukan sesuatu dengan teman prianya, saya menemukan bahwa di chatnya, menunjuann bhwa mereka pernah melakukan video call dan anak saya memasukkan sesuatu ke alat kelaminnya, yang ingin saya tanyakn bagaimana cara saya menanggapinya dan menghandle hal ini karena setelah mengetahui hal ini saya sangat kalut dan emosi, saya ga tau cara yang baik untuk menghandle hal ini, mohon petunjuk terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar pendidikan seks pada anak remaja menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Komunikasi merupakan cara terbaik dalam mengenal pribadi seseorang; termasuk dalam suatu keluarga. Apakah Anda sering melakukan kumpul dengan keluarga dan membicarakan tentang masalah anda ataupun berbagi kegiatan yang dilakukan sesama anggota keluarga?

Tidak semua orang memiliki komunikasi yang baik bahkan didalam keluarganya sendiri; hal ini terbentuk tidak dalam 1 hari melainkan dari kebiasaan yang dilakukan baik dari anda masih kecil hingga dewasa saat ini. Apakah anda adalah salah satu dari antara orang-orang tersebut yang terkadang hanya bertegur sapa antar sesama keluarga?

Sangat penting untuk anda ketahui bahwa komunikasi merupakan satu kunci dalam menciptakan hubungan yang kuat; terlebih lagi komunikasi dalam keluarga sangatlah penting untuk menciptakan kegarmonisan didalam keluarga tersebut.

Berikut kami sertakan langkah atau cara menciptakan komunikasi yang baik dalam keluarga yang bisa anda coba sebagai langkah awal dalam keluarga anda;

  • luangkan waktu untuk mendengarkan
    ketika anda mencoba untuk meningkatkan hubungan, mendengarkan jauh lebi penting daripada berbicara, jadi ketika anda menginginkan komunikasi yang baik dalam keluarga, mendengarkan empat kali lebih lama daripada anda yang berbicara. Dan juga, berpikirlah dua kali tentang apa yang anda katakan sebelum mengatakan itu.
  • ciptakan kesempatan untuk saling berkomunikasi satu sama lain
    buatlah kesempatan untuk berbicara bila memang anda menginginkan komunikasi yang lebih baik di dalam keluarga anda. Luangkanlah satu kesempatan dan mintalah waktu kepada keluarga anda ntuk dapat menghabisakan satu hari dan menciptakan komunikasi dengan lebih baik.
  • buat tradisi keluarga
    menciptakan tradisi keluarga merupakan salah satu momen yang dapat diciptakan untuk membuat semua anggota keluarga berkumpul. Sebagai contoh; anda dapat menciptakan tradisi menghadiri kegiatan keagamaan ataupun membuat hari libur khusus. Tidak harus selalu anda yang mengeluarkan ide, tanya juga pendapat yang lainnya apa yang ingin mereka lakukan secara bersama-sama.
  • pergi liburan bersama
    pergi liburan bersama tidak harus ketempat-temoat yang mahal ataupun jauh; anda juga dapat melakukan liburan disalah satu tempat rekreasi dikota anda yang mungkin tidak pernah anda kunjungi.
  • salah satu momen yang baik untuk berkomunikasi adalah pada saat makan keluarga
    Bersikeraslah untuk makan keluarga. Kegiatan ini selain dapat membuat semuanya berkumpul di satu meja makan, masing-masing anggota keluarga dapat saling berkomunikasi. Lakukanlah makan bersama dengan keluarga ini sebagai salah satu ritual anda yang bisa dilakukan dipagi hari ataupun pada saat malam hari. Gunakan meja makan keluarga sebagai sebuah kesempatan untuk berbagi apa yang terjadi dalam kehidupan anggota keluarga.
  • manfaatkan kecanggihan teknologi
    walaupun masing-masing anggota keluarga sibuk dengan kegiatannya sendiri-sendiri, anda tetap bisa melakukan komunikasi. Manfaatkanlah kecanggihan teknologi saat ini.

Menjaga komunikasi yang baik dalam keluarga dapat dilakukan dengan banyak cara. Bila komunikasi terjalin dengan sangat baik, baik anak maupun orang tua dapat dengan leluasa menceritakan berbagai masalahnya. Hal ini sangat penting untuk membimbing mengenai hal terkait permasalahan seksual. Hal terkait hubungan seksual tergolong tabu dan jarang disampaikan oleh orang tua kepada anak, sehingga hal tersebut menjadi barrier. Komunikasi jelas memperkuat ikatan keluarga. Dan semua anggota keluarga mengembangkan gaya komunikasi yang efektif yang dapat meningkatkan kualitas hubungan mereka didalam keluarga dan juga diluar keluarga.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar