Sukses

Anak Mata Berwarna Putih pada Anak, kenapa?

11 Jul 2017, 17:10 WIB
Pria, 23 tahun.

Siang Dok, Saya mau tanya tentang penyakit retinoblastoma, apa penyakit retinoblastoma sangat serius ? apa penyebabnya terjadinya penyakit retinoblastoma dan bagaimana cara menanganinya , Terima Kasih

Terima kasih sudah bertanya mengenai retinoblastoma melaui fitur Tanya Dokter, di Klikdokter.com

Retinoblastoma. adalah tumor ganas retina atau syaraf mata yang paling sering terjadi pada masa anak-anak, dan terbanyak mengakibatkan kebutaan. Penyakit ini sebagian disebabkan oleh keturunan atau faktor genetik. Faktor yang lainnya adalah akibat terjadinya perubahan pada salah satu kromosom atau pembawa sifat yang berakibat  pertumbuhan jaringan retina  menjadi tidak terkendali dan membesar. Sama seperti kanker lainnya, sel dapat menyebar serta merusak jaringan tubuh lain disekitarnya.

Beberapa gejala sering ditemukan pada anak-anak, berupa tampak anak mata berwarna putih bila mata disinar atau disebut fenomena mata Gejala lain adalah Strabismus atau juling, terdapat pada 35% kasus, perdarahan di bilik mata depan, rematik mata berulang dan penglihatan yang menurun dibandingkan mata yang lain, serta pembesaran mata sehingga menonjol.

Prinsip penangananya sebenarnya adalah membuang tumor yang sudah berada didalam maupun diluar mata secara keseluruhan. Ini dilakukan dengan cara operasi bius umum untuk mengambil bola mata yang mengandung tumor tersebut (Enukleasi). Tindakan lainnya yakni dengan mengambil jaringan lain yang sudah terkena. Kadang-kadang sampai seluruh jaringan di rongga mata harus diambil (Eksenterasi atau Amputasi). Kemudian dilanjutkan dengan pencegahan pertumbuhan kembali sel tumor ganas ini dengan pemberian kemoterapi maupun radioterapi (terapi sinar).

Demikian informasi mengenai retinoblastoma kami sampaikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar