Sukses

Penyebab Nyeri Pinggang

11 Jul 2017, 18:00 WIB
Pria, 43 tahun.

Hallo Dok, Saya mau tanya, sudah beberapa minggu ini kalau tidur (biasa mulai tidur pukul 10-11 malam) kira2 setelah pukul 3-4 pagi muncul rasa nyeri (tajam) yg sangat tidak nyaman di punggung kanan bawah (sekitar ginjal saya kira). Rasa nyeri akan reda kalau saya segera berdiri atau duduk. Selama ini kalau rasa nyeri tsb muncul saya siasati dg mengganjal tubuh dg beberapa bantal sehingga tidur dg posisi setengah duduk (bagian pinggang ke atas lebih tinggi). Pada siang hari rasa nyeri tsb tidak muncul. Kalau titik nyeri tsb ditekan akan terasa lebih sakit. 5 bulan yg lalu saya sempat check up ke dokter intenist dan melakukan check darah & USG, semua hasilnya baik (eGFR=97.1), tidak ada tanda2 masalah pd ginjal. Selain rasa nyeri tsb ada tanda lain yg membuat saya curiga kl ada masalah ginjal, yaitu air kencing yg keruh dan baunya menyengat, lalu ada bau mulut, perut sering kembung. Kalau kencing sih lancar dan tidak sakit, malam hari jarang kencing, dan tidak ada bagian tubuh yg bengkak. Menurut dokter sakit saya ini lebih kearah ginjal atau sakit pinggang biasa? Demikian pertanyaan dari saya, terima kasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Penyebab Nyeri Pinggang melalui fitur Tanya Dokter.

Nyeri pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal, termasuk otot, ginjal, saraf, tulang belakang. Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih, misal pada batu ginjal atau dismenorea (nyeri haid). Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba, yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke daerah selangkangan dan terjadi terus-menerus.

Nyeri pinggang yang Anda keluhkan perlu dipastikan terlebih dahulu penyebabnya, untuk itu sebaiknya Anda mengunjungi praktek dokter terdekat di kota anda agar dapat dilakuakn pemeriksaan lebih lanjut. Sementara itu, rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat antinyeri. Yang harus Anda diperhatikan juga yaitu menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja
Selalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar
Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang
Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.
Hindari olaharaga yang memberikan beban pada tulang belakang seperti lari dan mengangkat beban yang justru akan memperparah nyeri, seperti lari atau angkat beban
Tidur dalam posisi lurus, sebaiknya di atas kasur/alas yang keras
Coba latihan kekuatan otot punggung/latihan core seperti plank, side plank, bridge.
Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter untuk dilakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung, guna menentukan penyebab dari keluhan Anda dan penanganan yang paling sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Nyeri Pinggang. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar