Sukses

Haid telat 1 minggu

11 Jul 2017, 17:10 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, saya telat datang bulan kurang lebih 1 minggu, siklus haid saya panjang. tidak ada riwayat kehamilan, stres, diet, tidur kurang, aktivitas berlebih. Kenapa ya dok..?? Obat yang tepat apa ya dok.. Apa mungkin karena estrogen saya kurang?? Karena ukuran payudara juga di bawah normal..

Terima kasih sudah bertanya mengenai haid telat 1 minggu melalui fitur Tanya Dokter

Siklus haid secara normal terjadi kurang lebih 21 - 35 hari dan haid sendiri berlangsung selama 3 - 7 hari. Oligomenorrhe bila siklus lebih dari 35 hari sehingga Anda bisa mengalami haid 2 bulan sekali.  Bila siklus Anda masih pada dalam rentang 21-35 maka kondisi Anda masih tergolong normal. 

Siklus haid yang tidak teratur terjadi akibat tidak seimbangnya keadaan hormonal dalam tubuh kita. Dalam hal ini yang berperan adalah hormon estrogen, progesteron, LH dan FSH.

Ketidakseimbangan hormon dapat dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu :

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Obesitas dan overweight
  • Anorexia dan bulimia
  • Stres
  • Penggunaan obat pil KB
  • Kelainan tiroid
  • Kelainan pada indung telur (PCOS, kista, dan lainnya)
    dll.

Kondisi telat haid memang paling sering berhubungan dengan kehamilan. Atas dasar apa Anda mengatakan tidak ada riwayat kehamilan? Bila pernah melakukan hubungan seksual, kami tetap menganjurkan Anda melakukan pemeriksaan kehamilan. Selain stress, gangguan makan sejumlah faktor lain seperti disebutkan diatas juga mengakibatkan oligomenore. Kondisi yang termasuk sering adalah polikistik ovarian sindrom, dimana ada kegagalan pelepasan sel telur sehingga tidak terjadi mens. Permasalahan pada tiroid (kelenjar gondok) juga bisa menjadi penyebab. 

Betul bahwa perkembangan payudara membutuhkan estrogen, tetapi tidak berarti ukuran payudara yang kecil mengindikaskan seseorang memiliki level estrogen yang rendah. Hormon estrogen mempunyai fungsi di banyak organ sehingga bila level estrogen rendah maka efek yang dirasakan lumayan banyak.

Saya menyarankan Anda untuk memeriksakan diri pada dokter spesialis kebidanan dan kandungan supaya bisa dilakukan evaluasi lebih lanjut. Tidak ada obat yang perlu dikonsumsi saat ini.

Demikian informasi mengenai haid telat 1 minggu kami sampaikan. Semoga bermanfaat

 

0 Komentar

Belum ada komentar